Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius beri kiat agar mahasiswa Sagasaja tak alami culture shock

16 November 2022 | 16.11.22 WIB Last Updated 2022-11-16T01:10:32Z


Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar meminta anak Pariaman yang kuliah di berbagai perguruan tinggi melalui program satu keluarga satu sarjana (Sagasaja) agar selalu percaya diri dan rajin belajar.

"Walaupun kita berasal dari kota kecil tetapi kita mampu bersaing dan bisa kuliah di kampus-kampus terbaik di negeri ini. Dan nantinya (setelah bekerja) bisa menjadi penopang keluarga keluar dari kemiskinan," kata Genius Umar menyemangati secara daring mahasiswa Sagasaja Pariaman. Baik yang sudah bekerja maupun yang masih menempuh pendidikan.

Program Sagasaja lahir pada 2018 saat Genius Umar dilantik menjadi Walikota Pariaman. Program tersebut terus berjalan dan bertamba besar hingga sekarang.

"Hanya dengan pendidikan memutus mata rantai pendidikan. Makanya program Sagasaja sangat penting karena selain untuk mencerdaskan juga untuk mengentaskan kemiskinan di Kota Pariaman," ujar Genius di Pariaman, Selasa (15/11).

Dengan program Sagasaja, Pemerintah Kota Pariaman memberikan kesempatan pada putra putri terbaik yang berasal dari keluarga kurang mampu agar bisa menempuh jenjang pendidikan tinggi. Dan semua biaya akan ditanggung oleh Pemko Pariaman.

"Hingga saat ini mahasiswa Sagasaja telah berjumlah 260 orang, menjadi petarung menggapai sukses agar dapat membawa keluarga mereka keluar dari keluarga kurang mampu," sambungnya.

Dalam zoom meeting tersebut Genius juga memberi nasihat bagi pelajar Pariaman agar belajar sungguh-sungguh dan disiplin.

“Kalian dikuliahkan oleh Pemko Pariaman nantinya untuk membantu orang tua dan merubah kehidupan kalian agar lebih baik ke depannya,” ujarnya.

Genius juga menanyakan berbagai hal kepada para peserta program Sagasaja serta memberikan kiat mengatasi perbedaan kebudayaan agar bisa menyesuaikan dengan budaya setempat.

“Memang bagi anak-anak yang kuliah di Pulau Jawa akan terjadi culture shock yang akan mereka alami," katanya.

Saat ini mahasiswa program Sagasaja Kota Pariaman telah kuliah di berbagai perguruan tinggi. Diantaranya Politeknik Negeri Padang, Politeknik Akademi Teknologi Industri Padang, Politeknik Pelayaran Sumbar, Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor, dan Telkom University.

Tampak ikut dalam temu daring Ketua Baznas Kota Pariaman, Zalman Zaunit, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi dan Pembina Dewan Pendidikan Kota Pariaman, Armen. (Juned)

×
Berita Terbaru Update