Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Siap-siap, Genius perbanyak kirim tenaga terampil ke luar negeri

5 Oktober 2022 | 5.10.22 WIB Last Updated 2022-10-05T12:21:33Z

Foto: Rika

Pariaman - Lindungi tenaga kerja luar negeri atau Pekerja Migran Indonedia (PMI) asal Kota Pariaman, Walikota Pariaman, Genius Umar menandatangani nota kesepakatan MoU dengan Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani di Jakarta, Rabu (5/10).

Ke depannya, Genius akan menyiapkan tenaga terampil siap kerja jadi PMI. Mereka nantinya disiapkan sesuai skil ke luar negeri sesuai tujuan dan keterampilannya.

"Melalui program satu keluarga satu sarjana (Sagasaja) kami telah menguliahkan ratusan anak Pariaman ke Perguruan Tinggi Vokasi. Setelah lulus siap kerja," kata Genius.

Dengan menyekolahkan anak dari keluarga pra sejahtera kuliah di politeknik berbasis skil untuk menerima ilmu teknik, setelah lulus siap bekerja. Hal ini, kata Genius, tentu akan mengurangi angka pengangguran dan angka kemiskinan di rumah tangga masing-masing.

Saat ini, imbuh Genius, banyak PMI asal Pariaman yang belum tercatat karena pergi sendiri ke luar negeri bersama sanak keluarga.

"Biasanya pergi sendiri, bersama saudaranya dan banyak juga yang pergi tidak jalur resmi,” ucapnya.

Setelah MoU dengan BP2MI ini, Genius Umar menyebut pihaknya akan memiliki tugas untuk menyiapkan PMI ke luar negeri dengan baik, baik itu secara administrasi maupun skilnya.

Kepala BP2MI, Benny Rhamdani menyampaikan apresiasi kepada Walikota Pariaman karena telah melakukan MoU dengan BP2MI.

"Penandatangan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan perlindungan bagi PMI di luar negeri," ungkapnya.

BP2MI sudah mencanangkan untuk meningkatkan pelayanan dan komptensi para PMI. Dengan memberikan pelatihan, memberikan kemudahan dalam mengurus administrasi dan mempermudah PMI untuk bekerja di negara tujuan mereka. (Rika)

×
Berita Terbaru Update