Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Semen Padang bantu Pariaman kelola sampah gunakan mesin KILN

4 Oktober 2022 | 4.10.22 WIB Last Updated 2022-10-04T12:32:25Z

Foto: Rika

Pariaman - PT Semen Padang akan memberikan bantuan pengelolaan sampah melalui program Nabuang Sarok (Sarok adalah sampah dalam bahasa Minang) untuk Kota Pariaman.

Direktur PT Semen Padang, Asri Mukhtar di Balaikota Pariaman mengatakan, pihaknya berkomitmen membangun daerah melalui program Nabuang Sarok.

"Nabung Sarok berupa sumber pengelolaan sampah, sampah yang dikumpulkan dan dimusnahkan menggunakan KILN (bagian dari alat proses produksi semen dengan temperatur melebihi panas mesin generator),” kata Aris Mukhtar, Selasa (4/10).

Nabuang Sarok, kata dia, salah satu komitmen PT Semen Padang memberikan kontribusi dalam pembangunan daerah di Sumatra Barat.

Selain itu, tambahnya, pihaknya juga bersinergi dalam hal pelestarian lingkungan hidup dan pengembangan sosial budaya. Seperti penanaman pohon Kaliandra untuk menjadi energi baru sebagai pengganti batu bara serta stok karbon.

“Untuk penanaman pohon Kaliandra kita sudah bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar dan hampir semua kabupaten di Sumbar,” kata dia.

Walikota Pariaman, Pariaman Genius Umar menyebut sangat menyambut baik program tersebut karena Kota Pariaman salah satu daerah yang banyak memproduksi sampah.

“Karena Kota Pariaman merupakan daerah kunjungan pariwisata di Indonesia yang banyak memproduksi sampah,” katanya.

Selain itu, kata Genius, Kota Pariaman juga sudah mendapat bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berupa satu unit Pusat Daur Ulang (PUD) sampah.

PUD sampah tersebut digunakan untuk mengolah sampah agar menjadi nilai ekonomi, seperti biji plastik, kompos dan lainnya.

“Kalau PT. Semen Padang ingin memberikan bantuan melalui programnya tersebut, tentu kita setuju dan langsung action dilakukan di Kota Pariaman,” pungkasnya. (Rika)

×
Berita Terbaru Update