Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Konjen Amerika lirik potensi wisata Pariaman yang disebutnya mirip Hawai

20 Oktober 2022 | 20.10.22 WIB Last Updated 2022-10-20T12:45:48Z

Foto: Junaidi

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar akan mengambil kesempatan kerjasama ekonomi dan pendidikan dengan Konsulat Jenderal (Konsul) Regional Sumatera - Amerika Serikat .

"Nantinya akan terjalin kerjasama ekonomi cukup luas. Di samping itu kita memulainya dengan mengirimkan pegawai mengikuti pelatihan dan bersekolah di Amerika Serikat," kata Genius Umar pada US - Indonesia Seminar Economic Coorporation di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (19/10).

Selain itu Genius juga melirik peluang lain. Di antaranya investasi, khususnya bidang pariwisata. Hal itu menurutnya lebih potensial mengingat Pariaman merupakan kota wisata di regional Pulau Sumatera.

Genius bahkan memuji peran Konjen US Sumatera yang berniat mengembangkan kerjasama dengan pemerintah daerah. Oleh karenanya, Kota Pariaman akan membuka peluang selebar-lebarnya.

Genius menyatakan di tengah keterbatasan anggaran dirinya akan terus mencari peluang kerjasama dengan berbagai pihak guna peningkatan ekonomi daerah yang dipimpinnya.

Konjen US sendiri akan membuka peluang usaha, visa dan juga pengaturan keuangan. Menariknya, disampaikan bahwa terbuka peluang untuk pembiayaan kerjasama proyek dengan kisaran USD 500.000 hingga USD 1,5 juta yang dikelola oleh US Trade and Development Agency (USTDA).

Konjen juga menginformasikan peserta tentang berbagai fasilitas promosi perdagangan dan pembiayaan yang ditawarkan oleh Amerika Serikat untuk memperkuat hubungan bisnis US dan Indonesia .

Konjen AS untuk Sumatera, Gordon Church menyampaikan bahwa perdagangan dua arah antara Amerika Serikat dan Kepulauan Riau mencapai lebih dari USD 3 miliar tahun lalu, serta perusahaan-perusahaan AS di Zona Perdagangan Bebas Batam, berkontribusi pada perekonomian daerah dengan mempekerjakan lebih dari 10.000 penduduk yang ada di Kepulauan Riau.

“Seminar ini ditujukan untuk meningkatkan hubungan bilateral, terkhusus dalam bidang ekonomi, karena besarnya potensi kerjasama di bidang ekonomi dengan bentuk investasi usaha maupun sumber daya manusia yang dihasilkan,” ujarnya.

Gordon mengaku mengundang khusus Walikota Pariaman, Genius Umar, untuk datang pada acara seminar kerjasama US-Indonesia dengan tema Economic Coorporation ini.

"Genius diundang sebagai salah satu bentuk nyata kerjasama US – Indonesia dengan menjadi salah satu Alumni IVLP (International Visitor Leadership Program) di Amerika Serikat," kata dia.

Genius dan Gordon melakukan pembicaraan secara intensif terkait kemungkinan dan potensi investasi sektor pariwisata di Kota Pariaman. Sebelumnya Gordon bertemu dengan Genius Umar ketika melakukan kunjungan kerja di Sumatera Barat, Februari 2022 yang lalu di Kota Padang.

Potensi yang dimiliki oleh Kota Pariaman, kata Gordon sangat besar untuk dikembangkan. "Apalagi Pantai Pariaman sama indahnya dengan Pantai di Hawai, Amerika Serikat. Kita juga mendiskusikan kerjasama mulai dari bidang pariwisata, kebudayaan dan ekonomi,” ungkapnya. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update