Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kalahkan Persikopa, PSP Padang bawa pulang Piala PALAPA

27 Oktober 2022 | 27.10.22 WIB Last Updated 2022-10-27T13:03:58Z

Foto: Erwin

Pariaman - Pemko Pariaman menggelar turnamen sepak bola memperebutkan Piala PALAPA yang diikuti tiga daerah, yakni Persikopa Pariaman, Persepar Padangpariaman dan PSP Padang.

PALAPA sendiri adalah singkatan dari Padang-Lubuk Alung-Pariaman yang akan menjadi konsep pembangunan wilayah metropolitan di Sumatra Barat melibatkan tiga pemerintah daerah.

Turnamen PALAPA sendiri digelar di Stadion Mini Persikatim Desa Sikapak Timur, Pariaman Utara, Rabu (26/10).

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan turnamen PALAPA merupakan bentuk tindak lanjut kerjasama tiga daerah.

“Dalam rangka strategi percepatan kawasan metropolitan PALAPA yang kita tandatangani beberapa bulan yang lalu antara Walikota Padang, Bupati Padang Pariaman dan Walikota Pariaman,” ujar Genius Umar saat membuka turnamen tersebut.

Menurut Genius, kerjasama PALAPA menggunakan prinsip kolaborasi dalam upaya membangun suatu daerah yang mempunyai wilayah satu hamparan atau kawasan untuk meningkatkan pembangunan ekonomi daerah.

Secara geografis, kata Genius, ketiga daerah ini berdekatan antara satu dengan yang lainnya dan telah menjadi pusat pertumbuhan ekonomi daerah. Dari segi infrastruktur ketiga daerah sudah memiliki Bandara Internasional (BIM) di Padangpariaman, Pelabuhan Laut berstandar internasional Teluk Bayur di Kota Padang dan kawasan wisata laut dan pantai di Kota Pariaman.

Dengan adanya kawasan PALAPA, jelasnya, sinergitas antar daerah dan kesatuan konsep kawasan metropolitan akan memberikan efek yang besar terhadap kemajuan daerah, khususnya Sumatera Barat.

"Dengan pengembangan kawasan metropolitan PALAPA infrastruktur bisa kita standarkan seperti infrastruktur air bersih, sampah, sanitasi, transportasi jalan dan perhubungan," katanya.

Dengan digelarnya turnamen sepak bola tersebut, imbuhnya, kerjasama di bidang olahraga juga terbentuk dan para atlet dari daerah masing-masing akan bermain secara profesional.

“Kami mengharapkan tahun depan, Kabupaten Padangpariaman maupun Kota Padang melaksanakan turnamen serupa agar silaturahmi ini tetap terjaga,” katanya.

Turnamen Piala PALAPA diakhiri dengan kemenangan PSP Padang atas Persikopa dengan skor 2-1. Dengan begitu PSP Padang berhasil membawa Piala PALAPA yang secara simbolis diserahkan langsung oleh Wali Kota Pariaman, Genius Umar. (Erwin)

×
Berita Terbaru Update