Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius launching gerakan nasional aksi bergizi di SMP 4 Pariaman

26 Oktober 2022 | 26.10.22 WIB Last Updated 2022-10-26T11:37:07Z

Foto: Junaidi

Pariaman - Gerakan nasional aksi bergizi diluncurkan di 514 kabupaten/kota yang ada di seluruh Indonesia, Rabu (26/10). Di Kota Pariaman gerakan ini dilaunching di dua sekolah oleh walikota dan wakil walikota Pariaman.

"Untuk Kota Pariaman kita luncurkan di dua sekolah, yakni SMP 4 dan MAN Padusunan," kata Walikota Pariaman, Genius Umar di SMP 4 Pariaman.

Kegiatan di sekolah tersebut dimulai dari senam pagi, sesi edukasi interaktif, sarapan bersama lalu pemberian aksi konsumsi tablet tambah darah. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan HB kepada pelajar putri.

Genius mengatakan Indonesia negara dengan tiga masalah gizi pada anak dan remaja. Stunting, obesitas dan anemia. Dalam hal itu, gerakan tersebut juga memberikan sosialisasi terkait anemia kepada pelajar.

Genius menjelaskan angka anemia di Indonesia terbilang masih cukup tinggi. Berdasarkan data Riskesdas 2018, prevalensi anemia pada remaja sebesar 32 persen. Artinya 3 sampai 4 dari 10 remaja menderita anemia. Hal tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan asupan gizi yang tidak optimal dan kurangnya aktifitas fisik.

Melihat tingginya kasus anemia di indonesia, kata Genius, Kementerian Kesehatan dan UNICEF menginisiasi gerakan tagar #AksiBergizi yang mulai dilaksanakan di Kabupaten Klaten dan Kabupaten Lombok Barat.

"Melalui advokasi, mobilisasi sekolah dan masyarakat, koordinasi multi sektor, penguatan kapasitas serta pemantauan dan evaluasi," jelasnya.

Ia berharap gerakan tersebut bisa memotivasi sekolah-sekolah lain secara rutin sebagai upaya meningkatkan gizi remaja guna mencegah anemia pada remaja putri.

Remaja yang sehat kata Genius punya fisik kuat yang asupan gizinya seimbang dan membiasakan makan buah, olahraga teratur dan mengelola stres dengan baik. (Juned)

×
Berita Terbaru Update