Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius kukuhkan penghulu suku Mandailing

3 Oktober 2022 | 3.10.22 WIB Last Updated 2022-10-03T02:11:31Z

Foto: Rika

Pariaman - Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Pariaman, Genius Umar Rang Kayo Rajo Gandam mengukuhkan Wisaldi Jamal Dt. Bangso Dirajo sebagai Penghulu Suku Mandailing Nagari Pasa Kelurahan Kampung Perak, Pariaman Tengah, Minggu (2/10).

Pengukuhan ditandai dengan pemasangan Saluak dan Keris dari kaum suku Mandailing sebagai penghulu suku Mandailing Nagari Pasa.

Genius Umar mengatakan bahwa tugas sebagai penghulu suku bagaimana mengajarkan adat istiadat kepada kemenakan. Kalau adat istiadat tidak diajarkan lagi, maka akan hilang.

"Tetapi ternyata, sudah beberapa keturunan adat istiadat Minang yang mungkin sudah 10 kali keturunan tetap turun temurun," kata Genius.

Artinya, sambung Genius, penghulu suku, niniak mamak dan datuak-datuak sebelumnya telah mengajarkan adat istiadat kepada generasi berikutnya, demikian juga Bundo Kanduang.

"Inilah yang harus dijaga sampai sekarang," imbuhnya.

Walikota Pariaman ini juga menyampaikan bahwa LKAAM Kota Pariaman tidak hanya menganyomi semua KAN yang ada, KAN juga bergerak secara otonom begitupun kaum.

“Mari bersama-sama mengkombinasikan kepemimpinan adat istiadat dengan kepemimpinan pemerintahan, maka partisipasi masyarakat semakin timbul serta partisipasi kaum adat juga ikut membangun kota ini,” kata dia.

Untuk pembangunan, ungkapnya, tali tigo sapilin yakni niniak mamak, alim ulama dan cadiak pandai harus berkolaborasi bersam-sama sehingga Kota Pariaman akan lebih cepat majunya. (Rika)

×
Berita Terbaru Update