Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tiga Pemda teken percepatan pembangunan Metropolitan PALAPA

28 September 2022 | 28.9.22 WIB Last Updated 2022-09-28T09:49:07Z

Foto: Desi

Pariaman – Kota Pariaman, Padang dan Padangpariaman tandatangani kerjasama untuk percepatan kawasan metropolitan Padang - Lubuk Alung - Pariaman atau yang dikenal dengan istilah PALAPA di Balaikota Pariaman, Selasa lalu (27/9).

Penandatanganan PALAPA dilakukan langsung oleh Walikota Pariaman, Genius Umar dengan Walikota Padang, Hendri Sapta serta Kabag Pemerintahan Pemkab Padangpariaman.

Menurut Genius Umar, konsep PALAPA merupakan prinsip kolaborasi membangun suatu kawasan meliputi tiga wilayah pemerintahan untuk pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan bersama.

Secara geografis, kata Genius, tiga daerah yang disebutkan akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi karena didukung infrastruktur yang telah ada seperti Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Pelabuhan Teluk Bayur Padang dan kawasan wisata pantai di Kota Pariaman.

"Jika hal ini digabungkan maka skala ekonominya menjadi lebih besar dan efisien serta setiap daerah sama-sama diuntungkan," terangnya.

Dengan pengembangan kawasan Metropolitan PALAPA beberapa infrastruktur akan dibangun dengan standar yang sama. Seperti air bersih, sampah, sanitasi, transportasi dan jalan, hingga perhubungan.

Dengan adanya konsep PALAPA, Genius berharap Pemerintah Pusat akan menghubungkan ketiga daerah ini karena sudah sesuai dengan RTRW Nasional No 2013 Tahun 2017.

Cuma menurutnya, dari daerah belum mengetoknya secara kuat sehingga diperlukan peran dari Provinsi Sumbar, Padangpariaman, Pariaman dan Kota Padang secara bersama melakukan presentasi ke Pusat agar kerjasama tersebut bisa secepatnya direalisasikan.

Walikota Padang, Hendri Sapta mengatakan program PALAPA sudah tertulis dalam PP no 13 tahun 2017 perihal RTRW Nasional. Istilah kata, Pemerintah Pusat juga mendukung terwujudnya konsep PALAPA.

Pertemuan itu menurutnya merupakan penguatan pondasi bagi tiga daerah agar lebih kuat lagi memulai program metropolitan PALAPA dengan keyakinan penuh.

"Agar ke depannya program seperti ini juga bisa ditiru oleh kota-kota lainnya di Sumatera Barat, demi kemaslahatan masyarakat kami yang ada di Padang, Kabupaten Padangpariaman, dan Kota Pariaman," pungkasnya. (Desi/OLP)

×
Berita Terbaru Update