Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jokowi ingatkan inflasi di depan mata, Genius siapkan strategi

29 September 2022 | 29.9.22 WIB Last Updated 2022-09-29T12:41:51Z

Foto: Junaidi

Pariaman - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh kepala daerah mengendalikan inflasi. Dia meminta seluruh elemen bangsa kompak dan bersatu dari pusat hingga tingkat daerah seperti mengurus Pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Jokowi di Jakarta Convention Centre kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Kamis (29/9). Walikota Pariaman, Genius Umar juga hadir dan diundang langsung pada kesmpatan itu.

Jokowi mengatakan kondisi saat ini dalam keadaan sulit. Ekonomi dunia sedang tidak menentu. Mulai dari krisis pangan, energi, harga bahan bakar minyak hingga krisis finansial.

"Inflasi yang menjadi momok dan tugas berat di setiap negara dan daerah,” kata Jokowi.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta seluruh pemerintahan dari tingkat pusat hingga daerah menyatukan kekuatan agar Indonesia bisa melewati krisis yang sedang mengancam itu.

Menyikapi arahan presiden, Walikota Pariaman, Genius Umar menyebut saat ini pihaknya tengah gencar mengendalikan inflasi dengan menggelar bazar murah setiap hari Jumat dengan harga lebih murah dari harga pasar.

"Penyaluran bansos juga sudah dilakukan untuk pengendalaian inflasi dan mengurangi kemiskinan ekstrim seperti yang diarahkan oleh Presiden Jokowi," kata Genius.

Bansos yang disalurkan di Kota Pariaman adalah bantuan langsung tunai (BLT) kepada 3.855 keluarga penerima manfaat (KPM). Bentuk Bansos lainnya, sambung Genius, adalah bantuan sembako, perbaikan rumah tidak layak huni, perbaikan lingkungan, air bersih yang semuanya dikeroyok bersama lintas sektoral di daerahnya.

Presiden, imbuh Genius, juga memberi arahan untuk menggunakan produk buatan indonesia. Dimulai dari produk yang berasal dari UMKM yang ada.

"Kota Pariaman selalu menggunakan produk-produk lokal dalam setiap kegiatan yang menggunakan keuangan APBD maupun APBN,” ungkapnya.

Untuk wisata, presiden juga mengingatkan agar mengajak keluarga dan masyarakat berwisata di dalam negeri saja sehingga devisa tidak dibawa keluar negeri.

Sementara, kata Genius, Jokowi juga meminta daerah mengembangkan pariwisata untuk sektor pertumbuhan ekonomi. Hal itu, Genius menyebut Kota Pariaman memiliki komitmen kuat pada sektor pariwisata. Dengan adanya arahan presiden mengenai pariwisata, kata dia, akan menjadi peluang bagi Kota Pariaman sebagai daerah tujuan wisata.

"Daerah wisata seperti kita saat ini, yang menjelma menjadi destinasi wisata unggulan dan termasuk dalam 5 Terbaik Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU) tingkat Sumatera Barat tahun 2022, tentunya akan menguntungkan bagi Kota Pariaman,” tandasnya. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update