Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Walikota dan istri se Indonesia ikuti lomba masak rendang dan buat teh telur

10 Agustus 2022 | 10.8.22 WIB Last Updated 2022-08-10T01:28:48Z

Lucyanel Arlym tampak sedang memasak rendang dan Genius Umar mengocok teh telor atau teh talua. Foto: Junaidi

Pariaman - Jelang penutupan Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke XV di Kota Padang, panitia menggelar lomba memasak rendang dan membuat minuman teh telor, kuliner Minangkabau yang sudah sangat mendunia.

Uniknya, lomba ini diikuti langsung oleh walikota dan istrinya. Walikota Pariaman, Genius Umar dan dr Lucyanel Arlym juga ambil bagian dalam lomba tersebut. Lomba diadakan di Pantai Purus, Padang, Selasa (9/8)

Rendang Minang sendiri sudah mendunia dan pernah menjadi makanan terlezat di dunia versi CNN Internasional. Bahkan, memasak rendang serentak se dunia juga pernah dilakukan. Karena sudah menjadi kuliner Nusantara, hampir di semua daerah orang mempelajari cara memasak rendang asal nugari awak ini.

"Rendang Pariaman juga terkenal lezat. Bumbu dan rasa juga sangat lezat. Bahkan teh telor sangat identik dengan Pariaman," kata Genius Umar.

Rendang, kata dia, sudah masuk Warisan Budaya Dunia dari Sumatera Barat, Indonesia yang telah terdaftar di UNESCO dan telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (WBTBI) dari Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2018. Rendang secara resmi ditetapkan sebagai salah satu dari lima hidangan nasional Indonesia.

Lomba memasak rendang dan membuat teh telor ini, kata Genius berhasil memecahkan rekor MURI karena selain diikuti walikota dan istri juga dibantu oleh seluruh Lurah dan istri dari 114 kelurahan yang ada di Kota Padang.

Genius berharap dengan lomba memasak rendang serta membuat teh telor bisa membagikan resep dan pengetahuan bagi para walikota dan istri agar bisa memasaknya sendiri di rumah.

"Membuat rendang dan teh talua ini mempunyai cara masak tersendiri. Butuh kesabaran agar menghasilkan rendang dan teh talua yang enak," tutupnya.

Selain lomba memasak rendang dan membuat teh talur, agenda lanjutan setelahnya adalah bersih-bersih pantai, seminar nasional Dinas Lingkungan Hidup. Malamnya dilanjutkan dengan Pawai Budaya Nusantara yang dilaksanakan di Kawasan Pantai Cimpago, Kota Padang. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update