Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kemeriahan HUT RI di Pariaman Selatan pertahankan permainan tradisional

28 Agustus 2022 | 28.8.22 WIB Last Updated 2022-08-28T12:29:43Z

Mardison buka perlombaan HUT ke-77 RI tingkat Pariaman Selatan. Foto: Dewi

Pariaman - Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin berbaur dalam suasana kemeriahan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tingkat Kecamatan Selatan di Halaman Kantor Camat Pariaman Selatan, Sabtu (27/8).

Berbagai lomba dan acara khas 17-an Agustus diselenggarakan. Mulai dari tarik tambang, lomba memasukkan paku ke dalam botol, lomba memindahkan kain sarung, lomba tengkelek panjang, lomba makan kerupuk dan lomba cabur.

"Selain meriah, berbagai perlombaan juga upaya melestarikan permainan tradisional Pariaman. Menjaga kekompakan sekaligus menghibur," kata Mardison yang mengapresiasi acara tersebut.

Kemeriahan HUT RI di Pariaman Selatan, sambung Mardison menandakan tingginya semangat nasionalisme. Memeriahkan kemerdekaan bukti cinta anak bangsa kepada Tanah Airnya.

Permainan tradisonal menurutnya perlu terus diperkenalkan kepada anak-anak agar mengenal budaya mereka. Apalagi anak-anak saat ini disebutnya lebih senang permainan di gawainya yang bersifat virtual.

"Anak-anak lebih cenderung melakukan permainan pada androidnya. Padahal semua itu tidak baik untuk kesehatan,“ ujarnya.

Permainan tradisional, dijelaskan Mardison baik untuk kesehatan jasmani dan rohani karena melibatkan konsentrasi dan semangat kebersamaan. Belum lagi dalam setiap permainan tergandung nilai-nilai filosofis.

"Nilai kebersamaan yang tinggi sebagai ciri masyarakat tradisional Indonesia yang mengutamakan gotong royong. Anak-anak sekarang diharapkanmencintai permainan tradisional meskipun teknologi semakin berkembang,“ pungkasnya.

Camat Pariaman Selatan, M Farid Marwan menyebut perayaan HUT RI bertujuan untuk memupuk kekompakan warga dan saling silaturahmi dalam kebahagiaan.

"Silaturahmi warga dari berbagai desa dalam suasana kemeriahan. Hal ini penting untuk menjaga kekompakan warga di Kecamatan Pariaman Selatan," kata dia.

Pihaknya juga meyediakan hadiah menarik untuk setiap pemenang lomba yang dilaksanakan selama satu hari penuh tersebut. (Dewi/OLP)

×
Berita Terbaru Update