Genius-Mardison saksikan kemeriahan HUT RI di berbagai desa

Foto: Rika
Pariaman - Berbagai perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77 dilakukan hampir di semua desa dan kelurahan yang ada di Kota Pariaman. Mulai dari panjat pinang, balap karung, lomba memancing dan lainnya.

"Kita bersyukur bisa ikut merayakannya hari ini. Masyarakat desa dan kelurahan semua bergembira," kata Walikota Pariaman, Genius Umar didampingi Wawako Mardison Mahyuddin saat meninjau berbagai acara di sejumlah desa dan kelurahan yang ada di Kota Pariaman, Minggu (21/8).

Genius mengatakan, tugas seluruh anak bangsa untuk mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pejuang dengan mengorbankan harta dan nyawa mereka.

"Jika dulu nenek moyang kita berjuang merebut kemerdekaan, tugas kita sekarang adalah mengisi kemerdekaan dengan pembangunan," kata Genius Umar.

Ia mengatakan dengan membangun desa berarti membangun Kota Pariaman. Membangun Pariaman juga berati membangun Indonesia.

“Kita membangun desa dan membangun Kota Pariaman dengan baik, berarti kita telah melanjutkan perjuangan para pahlawan terdahulu,” imbuhnya.

Untuk satu sampai dua minggu ke depan, Genius memperkirakan akan terus ada acara perayaan HUT Kemerdekaan di desa-desa dan kelurahan yang ada di Kota Pariaman.

“Antusias masyarakat sangat tinggi untuk memeriahkan HUT RI ini. Mereka ikut mengikuti lomba-lomba yang diadakan oleh masing-masing desa. Tidak hanya kalangan anak-anak dan remaja namun orang tua ikut serta dalam perlombaan," ujar dia.

Perayaan HUT RI yang terpantau oleh Genius saat ini seperti lomba jalan santai, lomba balap karung, lomba panjat batang pinang, lomba memasukan pensil dalam botol, joget balon, lomba makan kerupuk dan tarik tambang.

“Selain itu di rumah-rumah masyarakat memasang bendera dan umbul-umbul merah putih. Ini menunjukan kecintaan kita kepada Indonesia," pungkasnya. (Rika)