Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemko tetapkan 10 Juli Salat Id di Lapangan Merdeka

8 Juli 2022 | 8.7.22 WIB Last Updated 2022-07-08T12:39:38Z

Foto: istimewa

Pariaman - Pemko Pariaman tetapkan pelaksanaan Salat Idul Adha 1443 Hijriyah pada tanggal 10 Juli 2022 di Lapangan Merdeka. Pernyataan ini sekaligus merevisi tanggal 9 Juli hasil rapat yang dipimpin Asisten I Yaminurizal.

Penetapan tanggal 10 Juli, sesuai dengan penetapan Sidang Isbat yang menetapkan bahwa 10 Dzulhijah jatuh pada hari Minggu tanggal 10 Juli 2022.

"Maka Pemko Pariaman melaksanakan Malam Takbiran pada tanggal 9 Juli 2022 dan Salat Idul Adha tanggal 10 Juli 2022 di Lapangan Merdeka Kota Pariaman,” kata Walikota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Jumat (8/7).

Sementara Khatib Salat Idul Adha di Lapangan Merdeka oleh Jhony Efendi yang merupakan Dosen STAIPIQ Padang dengan tema khotbah Idul Adha, simbol ketauhidan, ubudiyyah dan muamalah.

"Sedangkan untuk imamnya oleh Buya Yahya," ungkapnya.

Salat Idul Fitri tempo hari, sambung Genius yang seyogyanya digelar di Lapangan Merdeka karena kondisi hujan dipindahkan ke masjid terdekat. Namun demikian, pihaknya tetap merencanakan penyelenggaraan Salat Idul Adha dan Malam Takbiran dilaksanakan di Lapangan Merdeka.

Terkait cuaca yang tidak bisa ditebak nantinya, dijelaskan Genius, bila cuaca tidak mendukung, ada 5 masjid terdekat yang bisa menjadi tempat alternatif bila hujan. Namun dipusatkan di Masjid Darul Ma'arif atau yang biasa disebut Masjid Tapi Air, Kelurahan Pondok II, Kecamatan Pariaman Tengah.

Sedangkan menyangkut perbedaan waktu penetapan Idul Adha yang terjadi antara Pemerintah dan Muhammadiyah, lanjut Genius Umar, tidak akan mengurangi semaraknya perayaan Idul Adha tahun ini.

Perbedaan waktu Idul Adha seperti ini, kata dia, adalah sesuatu yang biasa terjadi. Jangan sampai perbedaan itu menjadikan umat Islam terpecah-belah dan tidak saling menghormati.

"Hendaknya umat Islam saling menghormati perbedaan itu,” tandasnya. (Rika/OLP)

×
Berita Terbaru Update