Karena sering di dapur, anggota DWP Pariaman belajar cara memadamkan api

Para ibu-ibu DWP tampak serius mengikuti pelatihan cara memadamkan api dengan cara yang tepat dan benar. Foto: Erwin

Pariaman - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Pariaman mengadakan pelatihan dasar cara penanganan kebakaran yang cepat dan tangkas beserta antisipasi dini pencegahan kepada seluruh ibu-ibu anggotanya.

"Cara menangani dan memadamkan api yang bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Ketua DWP Kota Pariaman, dr Yosneli Balad di halaman Balaikota Pariaman, Jumat (22/7).

Pelatihan memadamkan api tersebut, kata dr Yosneli, diadakan di sela arisan dan pertemuan bulanan rutin anggota DWP Kota Pariaman dan dilatih oleh unit pelaksana Damkar di Dinas Satpol PP dan Damkar.

Memadamkan api secara tepat dan benar diajarkan oleh para personil Damkar yang memang sudah berpengalaman di bidangnya. Potensi terjadinya kebakaran dalam rumah tangga, juga bisa disebabkan kelalaian dari penghuni rumah.

"Alhamdulillah seluruh ibu-ibu DWP sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Karena memang kita yang sering berada di rumah, pengetahuan ini sangat penting supaya terhindar dari kebakaran," terang dr Yosneli.

Owner Balad Medical Centre Pariaman ini mengatakan, sebagai ibu rumah tangga yang biasa sibuk beraktifitas di dapur, tentu hal-hal yang tidak terduga bisa saja terjadi seperti kebakaran dan sebagainya.

"Dengan pelatihan ini bisa menambah pengetahuan ibu-ibu DWP sehingga mempunyai keterampilan dan paham cara mengatasi jika terjadi kebakaran di rumah," imbuhnya.

Selain teknik, pelatihan itu juga melatih mental peserta saat berhadapan dengan api. Kesiapan mental juga diperlukan agar ibu-ibu DWP tidak panik saat berhadapan dengan api.

"Karena kita telah diberitahu cara mengatasinya sebelum api membesar," pungkasnya.

Pelatihan ini digelar dengan menggunakan alat peraga dan simulasi. Satu unit mobil pemadam kebakaran juga disiapkan dalam pelatihan yang diawasi langsung oleh instruktur berpengalaman dari Damkar ini. (Erwin/OLP)