Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tingkatkan ketahanan pangan, Genius salurkan bantuan uang dan bibit untuk Keltan P2L

9 Juni 2022 | 9.6.22 WIB Last Updated 2022-06-09T05:02:59Z

Foto: Junaidi

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar serahkan bantuan kepada kelompok tani dan kelompok tani wanita (KWT) Program Perkarangan Pangan Lestari (P2L) dana alokasi khusus non fisik Pemerintah Pusat.

Bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 7,5 juta untuk 7 KWT tahap pengembangan dan Rp 30 juta bagi KWT tahap penumbuhan.

Selain bantuan dalam bentuk uang, Genius juga menyerahkan bantuan bibit jagung sebanyak 225 kg bagi 11 kelompok tani dengan total luas lahan garapan 15 hektare.

Dana tunai yang diberikan untuk pembelian sarana pembibitan, pengembangan Deplot, pengembangan pertanaman dan penanganan pasca panen agar KWT bisa menanam dan menghasilkan pendapatan dari tanaman yang mereka tanam.

P2L merupakan kegiatan kelompok masyarakat yang secara bersamaan-sama mengusahakan lahan perkarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan, aksebilitas dan pemanfaatan serta pendapatan.

"P2L bisa kita jadikan untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kota Pariaman," kata Genius Umar di Pariaman, Rabu (8/6).

Genius berharap dengan adanya bantuan P2L dan bibit jagung, seluruh pekarangan dan lahan tidur di Kota Pariaman menjadi produktif.

Kepala DP3 Kota Pariaman, Dasril mengatakan ada 4 KWTpenerima bantuan Rp 30 juta, yakni KWT Harapan Bersama Desa Manggung, KWT Subur Berkembang Desa Taratak, KWT Harapan Desa Kaluat, dan KWT Rampak Jaya Desa Punggung Lading.

Sedangkan 7 KWT penerima bantuan Rp 7,5 juta antara lain KWT Sehati Desa Cubadak Air, KWT Harapan Baru Desa Naras Hilir, KWT Melinjo Kelurahan Pondok II, KWT Istiqomah Desa Kampung Perak, KWT Melati Desa Kampung Tangah, KWT Limpapeh Desa Pakasai dan KWT Sarai Serumpun Desa Toboh Palabah. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update