Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Target Rakerda DPD PAN Kota Pariaman: Menangkan Pileg, Zulhas Capres dan usulkan Epyardi Asda Cagub Sumbar

26 Juni 2022 | 26.6.22 WIB Last Updated 2022-06-25T18:10:50Z

DPD PAN Kota Pariaman mengikrarkan Zulkifli Hasan diusung jadi Capres pada Pilpres 2024. Foto: istimewa

Pariaman - Rakerda DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Pariaman menargetkan kemenangan di Pemilu Serentak 2024. Tidak hanya target perolehan kursi di DPRD Kota Pariaman, tapi juga mengikrarkan kebulatan tekad untuk Pilpres, Pilgub dan Pilkada Pariaman pada 2024 mendatang.

Rakerda yang mengambil tema "Menjemput Kemenangan Pemilu 2024" dihadiri sekitar 100 orang kader dari unsur dewan pimpinan harian (DPH), DPC hingga Ranting ini, dilaksanakan di Kantor DPD PAN Kota Pariaman di Jalan Jenderal Sudirman, Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatra Barat, Sabtu (25/6).

PAN Kota Pariaman usulkan Epyardi Asda diusung jadi Cagub untuk Pilgub Sumbar 2024. Foto: istimewa

Dalam Rakerda juga memutuskan pembentukan saksi permanen dengan menempatkan 2 orang saksi per TPS untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) Kota Pariaman.

"Kita telah merekrut dua orang saksi per TPS dan sudah dipermanenkan untuk Pileg 2024 Kota Pariaman," ungkap Ketua DPD PAN Kota Pariaman, Ibnu Hajar, SH.

Selain itu hingga saat ini, terang Ibnu Hajar, pihaknya tengah menyusun formasi bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang akan ditempatkan di masing-masing daerah pemilihan (Dapil).

Ibnu Hajar juga bertekad akan mengulang kesuksesan partai berlambang matahari terbit itu menempatkan kadernya di kursi pimpinan DPRD Kota Pariaman sebagaimana telah dibuktikannya pada Pileg 2004 dan 2009 lalu. Pada Pileg 2004 Ibnu Hajar berhasil menduduki kursi Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman sekaligus Sekretaris DPD PAN dan pada Pileg 2009, PAN Kota Pariaman keluar sebagai peraih suara terbanyak. Saat itu Ibnu Hajar yang juga Ketua DPD PAN Kota Pariaman menduduki kursi Ketua DPRD.

"Target kita tidak muluk-muluk. Minimal satu kursi per dapil dan menempatkan kader PAN jadi pimpinan DPRD Kota Pariaman," ujar Ibnu Hajar optimis.



 

PAN mulai susun strategi bidik kursi eksekutif

Selain keputusan internal DPD PAN di Pileg Kota Pariaman, dalam Rakerda tersebut juga dibahas langkah politik strategis terkait Pilkada Pariaman, Pilgub Sumbar dan Pilpres yang akan dilaksanakan pada 2024 mendatang.

Untuk Pilpres 2024, DPD PAN Kota Pariaman sudah memutuskan hingga mengikrarkan Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai calon presiden dari PAN. Kebulatan tekad mengusung Zulhas calon presiden bahkan diikrarkan di halaman Kantor DPD PAN Kota Pariaman disaksikan masyarakat dan awak media.

DPD PAN Kota Pariaman permanenkan 2 saksi per TPS untuk Pileg Kota Pariaman 2024 dan targetkan minimal 1 kursi per Dapil. Foto: istimewa

Menurut Ibnu Hajar, sosok Zulhas sangat layak jadi pemimpin Indonesia ke depan. Kepemimpinan Zulhas tidak hanya teruji dalam dua periode jadi Ketum PAN, namun juga sebagai Ketua MPR dan menteri di masa kepemimpinan dua kepresidenan.

Untuk diketahui, Zulhas sendiri pernah menjabat Menteri Kehutanan era Presiden SBY dari 22 Oktober 2009 hingga 1 Oktober 2014, Ketua MPR RI dari tanggal 8 Oktober 2014 hingga 1 Oktober 2019. Lalu baru-baru ini Presiden Joko Widodo menunjuk Zulhas menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi pada 15 Juni 2022.

"Ketum Zulhas seorang negarawan yang sudah teruji. Beliau pernah menjabat Ketua MPR dan Menteri di dua kepresidenan. Sebagai ketua partai, beliau sosok pemersatu dan bertanggungjawab," tegas Ibnu Hajar.

Tahun 2024 merupakan tahun pesta demokrasi terbesar sepanjang Indonesia merdeka. Pada tahun tersebut Pemilu akan dilakukan secara serentak, baik Pemilu Legislatif dari Pusat hingga Daerah, juga pemilihan kepala daerah.

Karena hal tersebut, dalam Rakerda DPD PAN Kota Pariaman isu tersebut dibahas dengan sangat serius. Meski PAN memiliki mekanisme dalam penentuan calon yang akan diusung di Pilkada dan Pilgub, menurut Ibnu sosok yang akan diusung sudah mulai tampak.

Ibnu Hajar mengatakan PAN memiliki basis massa yang besar di Sumatra Barat. Selain perolehan 10 kursi di DPRD Sumbar dan menempatkan kadernya sebagai Wakil Ketua DPRD Sumbar, PAN juga memenangkan 7 Pilkada tingkat kota dan kabupaten di Sumatra Barat.

Modal besar itu, sambung Ibnu Hajar adalah potensi besar bagi PAN memenangkan Pilgub Sumbar 2024. Bahkan untuk Pilgub Sumbar, DPD PAN Kota Pariaman menginginkan kader PAN sendiri yang akan dicalonkan sebagai calon gubernur.

"PAN sangat menentukan di Pilgub. Kita memiliki basis dan kekuatan yang besar dan potensi menang," kata Ketua DPRD Kota Pariaman periode 2009-2014 itu.

Dari sejumlah kader berpotensi, Ibnu Hajar menyebut nama Epyardi Asda paling layak dicalonkan PAN pada Pilgub Sumbar 2024 mendatang. Epyardi Asda yang saat ini menjabat Bupati Kabupaten Solok, dinilai Ibnu Hajar adalah sosok ideal memimpin Sumbar.

"Beliau sosok yang berani dan tegas. Beliau juga seorang yang visioner. Sosok dan kepemimpinannya sangat dibutuhkan demi kemajuan Provinsi Sumatra Barat," ungkap Ibnu Hajar meyakinkan.

Sedangkan untuk Pilkada Kota Pariaman menurut Ibnu Hajar, pihaknya memiliki mekanisme tersendiri dalam mengusung calon. Mulai dari sisi elektabilitas sampai track record calon yang akan diusung.

Pada Pilkada 2018 lalu, sambung Ibnu Hajar, DPD PAN Kota Pariaman mengusung pasangan Genius Umar-Mardison Mahyuddin - yang akhirnya terpilih menjadi pasangan walikota-wakil walikota Pariaman periode 2018-2023.

Di Pilkada 2018 tersebut, kata Ibnu Hajar, DPD PAN juga melakukan survei internal sebelum menjatuhkan pilihan kepada Genius Umar.

"Untuk 2024 juga sama. Target PAN tentunya juga menang dengan mengusung kader internal terbaik. Patokannya tetap sesuai hasil survei, kinerja dan track record. Juga tidak tertutup kemungkinan kita akan mengusung non kader berpasangan dengan kader sendiri hasil inventarisir terbaik," pungkas Ibnu Hajar. (OLP)

×
Berita Terbaru Update