Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

PLN berikan mesin penggiling padi tenaga listrik untuk warga Pariaman

9 Juni 2022 | 9.6.22 WIB Last Updated 2022-06-09T12:08:41Z

Foto: Erwin

Pariaman - PT PLN Persero Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat memberikan mesin penggiling padi kelompok usaha bersama (KUBE) rice mining unit (RMU) modern seharga Rp 100 juta kepada warga Desa Bungo Tanjuang, Pariaman Timur, Kamis (9/6).

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum (KKU) PLN UIW Sumbar, Cipto Adi Sumartono kepada Fauzi warga Desa Bungo Tanjuang dan Riza Saputra dari Desa Marabau.

Menurut Walikota Pariaman, Genius Umar, unit RMU bantuan PLN tersebut tidak menggunakan mesin diesel, tapi dengan dinamo yang digerakkan dari tenaga listrik.

"Yang diserahkan langsung kepada warga penerima manfaat," kata Genius Umar.

Sebelumnya, sambung Genius, dia pernah mengajak PLN melihat sejumlah pabrik penggilingan padi atau huller yang ada di Kota Pariaman. Genius mendiskusikan bagaimana alat penggiling padi ramah lingkungan sekaligus hemat energi.

Dengan penggunaan mesin modern pemberian PLN ini, Genius meyakini bisa meningkatkan produktivitas penggilingan dan tidak bising.

"Di samping produksi meningkat juga memberikan kenyamanan bagi masyarakat sekitar," ujarnya.

Selain itu, imbuh Genius, bantuan mesin jenis modern tersebut merupakan upaya PLN mencontohkan kepada masyarakat cara menggiling padi yang ramah lingkungan dengan biaya energi yang lebih terjangkau.

"Diharapkan bisa ditiru masyarakat menggunakan mesin yang sama," kata Genius.

Pemko Pariaman sebelumnya juga menerima bantuan sepeda motor listrik dari PLN. Energi listrik yang ramah lingkungan akan lebih banyak digunakan di masa mendatang.

Senior Manager KKU PLN UIW Sumbar, Cipto Adi Sumartono berharap bantuan yang diberikan pihaknya itu membantu ketahanan pangan Kota Pariaman.

"Karena sistem produksi dan hasil panen menjadi lebih stabil, beras yang dihasilkan pun lebih berkualitas," kata dia terkait efektifitas mesin tersebut.

PLN juga berharap alat tersebut menyebar ke seluruh petani guna mendongkrak produktivitas sekaligus menekan biaya operasional produksi.

"Karena selain ekonomis juga ramah lingkungan," kata Cipto. (Erwin/OLP)

×
Berita Terbaru Update