Dipimpin Jokowi dari NTT, Pemko Pariaman ikuti Hari Lahir Pancasila secara daring

Foto: Dewi

Pariaman - Pemko Pariaman mengikuti upacara hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2022 secara daring. Upacara dipimpin langsung Presiden Joko Widodo dari Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (1/6).

Hari lahir Pancasila ke-77 ini baru pertama kalinya digelar di luar Gedung Pancasila Jakarta. Hari lahir Pancasila pada 1 Juni 1945 ini mengusung tema Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia.

Upacara daring di Balaikota Pariaman tampak diikuti oleh Kepala Dinas Kominfo Ferry Ferdian Bagindo Putra, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Adi Junaidi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Azman dan Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Alfian serta Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril.

Selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya Presiden Joko Widodo mengajak seluruh anak bangsa bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila, kata Presiden, bukan hanya telah mempersatukan seluruh Rakyat Indonesia, namun telah menjadi bintang penuntun ketika Bangsa Indonesia menghadapi berbagai tantangan dan ujian.

"Bangsa dan negara kita tetap bisa berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita sepakat untuk berlandaskan Pancasila,” kata Presiden Joko Widodo.

Presiden juga mengajak seluruh komponen bangsa terutama pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, pendidik, pemimpin partai politik, pemimpin tokoh ormas dan pemimpin lainnya agar menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

“Hendaknya kita betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila. Kita wujudkan ke dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan bernegara. Kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antara sesama anak bangsa,“ ungkapnya.

Selepas upacara di Lapangan Pancasila Kabupaten Ende, Presiden Jokowi dan Ibu Negara, Iriana mengunjungi Taman Perenungan Bung Karno yang berada di area lokasi upacara.

Di taman tersebut Presiden RI pertama, Soekarno menghabiskan waktu untuk membaca buku dan menerungkan saat menjalani masa pengasingan di Ende. Taman ini disebut sebagai lokasi saat Bung Karno menemukan ide tentang Pancasila sebagai dasar negara. (Dewi/OLP)