Perantau doakan cuaca cerah agar bisa Salat Id di Lapangan Merdeka

Foto: Junaidi

Pariaman - Malam Takbiran akan digelar malam ini, Minggu 1 Mei 2022 di Lapangan Merdeka. Untuk mempersiapkannya, Walikota Pariaman, Genius Umar turun langsung membersihkan lokasi parkir depan Pasar Pariaman dengan cara gotong royong.

Lokasi parkir yang akan dipakai untuk malam Takbiran dan salat Id ini hari biasa dipakai pedagang pasar pagi sampai pukul 10.00 Wib. Untuk membersihkannya, Pemko Pariaman juga mengerahkan dua unit mobil Damkar beserta puluhan ASN termasuk Sekdako Yota Balad.

"Kita semprotkan beberapa kali air bertekanan tinggi yang dibawa Damkar guna mengikis kotoran di lokasi parkir ini agar bersih," kata Genius Umar.

Selain itu, Genius juga mengecek kesiapan Lapangan Merdeka untuk pelaksanaan Takbiran malam ini dan Salat Id besok.

Genius sendiri sudah berada di Pasar Pariaman sejak subuh. Aktivitas yang dilakukannya mulai dari memantau pelaksanaan 'Mambantai', meninjau Pos Pengamanan Lebaran dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian demi kelancaran lalu lintas.

"Karena dari subuh Pasar Pariaman sudah mulai padat aktivitas. Kita ingin memastikan semuanya berjalan lancar," kata Genius.

Sementara selepas Magrib, Kota Pariaman mengalami hujan badai yang cukup intensif selama 15 menit. hujan yang disertai angin kencang juga disertai pemadaman listrik selama 5 menit.

"Tapi sekarang sudah tidak lagi badai, namun tetap hujan gerimis. Saya pikir malam Takbiran akan meriah jika hujan benar-benar reda," kata Yulvan, perantau Jakarta yang ingin ikut serta memeriahkan malam Takbiran di Lapangan Merdeka.

Menurut Yulvan, hujan badai pertanda kemunculan bulan. Jika ada badai malam harinya, kata dia, biasanya besok hari akan cerah.

"Biasanya begitu menurut kearifan lokal kita, para nelayan. Semoga besok cerah dan kita bisa menunaikan kerinduan Salat Id di Lapangan Merdeka. Tentunya kita iringi dengan doa," kata dia. (OLP)