Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Libur diperpanjang, perantau Pariaman ulur waktu balik ke Jawa

8 Mei 2022 | 8.5.22 WIB Last Updated 2022-05-08T14:19:49Z

Suasana Lebaran di Talao Pauh Pariaman. Foto: Junaidi

Pariaman - Perantau Pariaman yang bekerja dari sektor formal dan nonformal merasa lega karena mendapat kelonggaran dari Pemerintah Pusat mengenai perpanjangan masa liburan sekolah hingga 11 Mei 2022 mendatang.

Tiga daerah mendapat perpanjangan libur sekolah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Mulanya, libur sekolah ditetapkan hanya sampai hari Minggu (8/5/2022). Namun, dengan aturan ini diperpanjang sampai Rabu (11/5/2022).

Perpanjangan liburan ditetapkan untuk mengurangi kemacetan arus balik mudik Lebaran. Perubahan jadwal masuk anak sekolah juga ditetapkan melalui surat keputusan kepala dinas pendidikan setiap daerah.

DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat sudah menindaklanjuti hal tersebut dengan menetapkan tanggal 12 Mei kembali masuk sekolah pelajar dari seluruh tingkatan.

"Kita baru tahu aturan ini. Sebelumnya kita sudah siap-siap berangkat Minggu subuh," kata Riki, perantau Jakarta asal Pariaman, Minggu (8/5).

Riki mengatakan masih ada sisa dua hari lagi di Pariaman sebelum berangkat menggunakan mobil pribadi ke Jakarta.

"Karena ada beberapa pesta pernikahan di dua hari tersebut. Mumpung libur diperpanjang, kita tunda buat hadiri pernikahan kerabat," sambungnya.

Menurutnya, perjalanan darat menuju Jakarta akan memakan waktu lima puluh persen lebih lama dari hari biasanya karena arus balik mudik. Karena itu ia sudah menghubungi kantor dan sekolah anaknya untuk mendapatkan kelonggaran jika tidak masuk pada hari yang sudah ditentukan.

"Kantor sudah maklum begitu juga guru sekolah anak saya. Sudah kita kabari via WA. Kita sogok deh pakai oleh-oleh dari Pariaman biar mereka senang," kata Riki bercanda.

Selain Riki, perantau dari Jakarta asal Pariaman lainnya, Dina, akan berangkat Senin pagi ke Jakarta dengan pesawat udara. Kelonggaran waktu yang diberikan pemerintah tersebut bisa ia manfaatkan untuk silaturahmi bersama tetangga rumahnya di Jakarta.

"Karena kita sudah beli tiket pulang pergi. Saya tiba di Pariaman dua hari sebelum Takbiran. Lebaran kali ini sangat memuaskan. Sudah reunian, ajak anak-anak ke pulau, hadiri baralek. Tadi kita beli oleh-oleh buat tetangga," kata Dina.

Kota Pariaman sendiri akan menggelar Festival Pantai hingga tanggal 15 Mei 2022 mendatang. Artinya, selama festival akan ada berbagai atraksi seni yang akan dipentaskan di delapan objek wisata yang telah ditentukan. (OLP)

×
Berita Terbaru Update