Agar pikiran murid terbuka, Genius minta guru bisa jadi sahabat dan teman bermain

Foto: Desi

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar menyatakan tugas guru tidak hanya sebatas pengajar tetapi semestinya juga bisa jadi sahabat dan teman bermain bagi peserta didik.

"Agar murid merasa nyaman dan lebih mudah menyerap ilmu yang diberikan," ungkap Genius Umar saat halal bi halal Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) se Kecamatan Pariaman Tengah di Pendopo Walikota Pariaman, Sabtu (21/5).

Untuk itu, sambung Genius, para guru harus bisa melakukan pendekatan ke anak-anak. Jika perlu bawa murid belajar di ruangan terbuka agar pikirannya terbuka, tenang dan santai mengikuti materi pelajaran yang diberikan.

“Berikan kepada anak-anak didik kita hal-hal baru yang bisa membuka cakrawala berpikir mereka sekaligus menanamkan rasa percaya diri yang kuat kepada mereka agar tujuan dunia pendidikan untuk menciptakan generasi terbaik dan berakhlak bisa tercapai,” sambungnya.

Di samping itu, Genius juga mengimbau agar kepala sekolah dan guru saling bertukar pikiran. Memberi masukan satu sama lain metode mengajar yang baik dan mudah diterima murid.

Membangkitkan suka cita atau kegembiraan murid ketika mengajar, kata Genius, membuat murid jadi lebih terbuka. Ketertarikan murid pada materi pelajaran juga semakin meningkat.

"Karena tugas guru sangat mulia. Amanah dari masyarakat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Memberantas kebodohan dan menciptakan generasi tangguh agar bisa bersaing di masa depan," pungkasnya. (Desi/OLP)