Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tidak lagi di Balaikota, Lapangan Merdeka kembali jadi tempat pelaksanaan Salat Id

11 April 2022 | 11.4.22 WIB Last Updated 2022-04-11T11:51:57Z

Selama belasan tahun halaman Balaikota menjadi lokasi penyelenggaraan Salat Id dan kini dikembalikan ke Lapangan Merdeka Pariaman. Foto: istimewa

Pariaman - Mulai Lebaran tahun ini, Lapangan Merdeka Pariaman kembali menjadi tempat pelaksanaan Salat Idul Fitri. Salat Id 1443 Hijriyah di Lapangan Merdeka merupakan kabar baik bagi warga Pariaman.

Asisten I Kota Pariaman, Yaminurizal mengatakan penggunaan kembali Lapangan Merdeka menjadi lokasi Salat Id, merupakan keinginan masyarakat.

"Pemko Pariaman mendukung begitu juga dengan tokoh masyarakat dan ulama," kata Yaminurizal usai rapat bersama yang menghasilkan kesepakatan dengan MUI, Kemenag, Forkopimda dan MUI Kota Pariaman, Senin (11/4).

Sementara untuk tanggal 1 Syawal atau hari pertama Lebaran, tutur Yaminurizal, pihaknya masih menunggu keputusan Pemerintah Pusat. Sebagai penyelenggara Salat Id, Pemko Pariaman akan memulai persiapannya.

Yaminurizal menambahkan, Lapangan Merdeka selama puluhan tahun telah digunakan sebagai tempat penyelenggaraan Salat Id oleh masyarakat Pariaman. Di sana juga kerap dihelat berbagai kegiatan kepemudaan, seni, sekaligus taman kota.

Lapangan Merdeka sendiri saat ini masuk wilayah Komplek Perkantoran Pemda Padangpariaman. Lapangan Merdeka berdampingan dengan Kantor DPRD Padangpariaman, Gedung Saiyo Sakato dan SMP Negeri 1 Pariaman.

"Karena itu kita akan membuat surat permintaan izin kepada Bupati Padangpariaman," kata dia.

Dia meyakini Lapangan Merdeka akan membludak oleh masyarakat yang sudah kangen ingin Salat Id di sana. Meski begitu, pihaknya juga merencanakan opsi kedua jika terjadi hujan di hari pelaksanaan Salat Id.

"Bila cuaca tidak mendukung akan dialihkan ke masjid-masjid terdekat. Ada sekitar 5 masjid yang bisa menjadi alternatif bila hujan," pungkasnya. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update