[Sagasaja Pariaman] Sebanyak 65 tamatan SMU ikuti ujian CAT masuk Tel U

Foto: Dewi

Pariaman - Sebanyak 65 pelajar tamatan SMU asal Kota Pariaman mengikuti ujian masuk Telkom University (Tel U) Bandung yang diselenggarakan Pemko Pariaman melalui program Satu Keluarga Satu Sarjana (Sagasaja).

Ujian yang diselenggarakan di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Pariaman, Sabtu (16/4), berbasis komputer atau sistem computer test (CAT) mirip tes CPNS.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan kerjasama dengan Tel U baru dimulai tahun ini dan ujian masuknya juga pertama kali dilaksanakan Kota Pariaman.

"Kerjasama pertama program Sagasaja dengan Telkom University, dan alhamdulillah banyak diminati anak Pariaman," ungkap Genius Umar saat meninjau pelaksanaan ujian berbasis CAT itu.

Menurut Genius, Tel U merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Ujian penerimaan calon mahasiswa dibagi dua garis besar. Jurusan teknik dan non teknik. Untuk jurusan teknik, waktu ujiannya berlangsung selama 180 menit.

"Sedangkan untuk ujian non teknik hanya selama 90 menit," tuturnya.
 

Kerjasama antara Pemko Pariaman dengan Tel U, kata Genius, pola penerimaan mahasiswa asal Pariaman nantinya akan menerima hak istimewa masuk Tel U sesuai butir isi perjanjian antara Pemko Pariaman dengan manajemen Tel U Bandung.

"Tidak sama dengan tes melalui jalur umum. Kota Pariaman melalui jalur khusus, diberikan privilege," sebutnya.

Genius berharap ada banyak calon mahasiswa lolos dalam ujian tersebut sehingga diterima di perguruan tinggi bergengsi itu.

Program Sagasaja sendiri mulai dijalankan Kota Pariaman sejak awal kepemimpinan Genius Umar - Mardison Mahyuddin pada 2018 lalu. Hingga kini Sagasaja telah menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi yang ada di Sumatra Barat dan luar Pulau Sumatra. (Dewi/OLP)