Pemko kembali kirim Pencaker Pariaman ke BBPLK Semarang

Foto: Junaidi

Pariaman - Pemko Pariaman gelar seleksi untuk mengirim kalangan pencari kerja ke Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/8).

"Untuk meningkatkan SDM Pencaker. Di sana Pencaker akan dilatih dan dididik sesuai bidang yang mereka miliki," kata Kepala Bidang Naker DPMPTSP dan Naker Kota Pariaman, Devi Hastuti di Pariaman.

Menurutnya, pengiriman Pencaker Kota Pariaman sudah dilakukan sejak tahun 2019. Hingga kini kerjasama dengan BBPLK Semarang tersebut masih berlanjut.

Devi menyebut pihaknya sebatas memfasilitasi peserta pelatihan. Keberhasilan selama pelatihan tergantung pada peserta itu sendiri. Ada tiga jurusan atau bidang yang disediakan BBPLK Semarang.

"Seleksi diikuti oleh 12 peserta dan hanya akan menyisakan 6 peserta yang akan dikirim ke Semarang.

Tiga jurusan itu sendiri, terang Devi adalah English For Frint Liner, Asisten Junior Desainer dan Fashion Drawing Blended.

"Bagi yang lulus akan diberangkatkan pada 18 Mei 2022 mendatang. Kota Pariaman satu-satunya daerah di Sumbar yang menerima slot dari BBPLK Semarang," ungkapnya.

Bagi 6 Pencaker asal Kota Pariaman yang dinyatakan lulus, sambung Devi, akan mengikuti pelatihan selama 280 jam atau selama 40 hari di BBPLK Semarang. Semua dibiayai oleh BBPLK Semarang.

"Jadi semua Pencaker yang berangkat ke Semarang nanti gratis. Mulai dari transportasi dan akomodasi, serta makan dan minum selama pelatihan," tandasnya.

Sementara itu, kata Devi, pihaknya juga akan mengadakan pelatihan bagi Pencaker lainnya. Selama 2022 ini pihaknya akan memberikan tiga jenis pelatihan. Di antaranya Digital Marketing, Desain Grafis dan Barista.

"Masing-masing akan digelar selama 10 hari," tandasnya. (Juned/OLP)