Pedestrian belakang PLN kembali indah setelah digoro Genius

Foto: Junaidi

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar kembali gotong royong bersama masyarakat di kawasan taman di tepi Sungai Batang Pampan belakang PLN Pariaman, Sabtu (2/4). Masih di hari yang sama gotong royong juga dilakukan di kawasan pelebaran jalan di belakang tempat pelelangan ikan (TPI) Karanaur.

"Pola partisipatif masyarakat sangat dibutuhkan dalam pembangunan. Ini modal bagi kita untuk memajukan daerah," kata Genius Umar di Pariaman, Minggu (3/4).

Goro di belakang PLN sendiri dilakukan dengan memangkas pepohonan agar terlihat rapi dan membuang sampah di sebanjang aliran sungai. Hasilnya, lokasi tersebut terlihat asri dan indah. Pedestrian di sepanjang Batang Pampan ini bagian dari proyak Pariaman Waterfront City.

Sedangkan goro pelebaran jalan di belakang TPI dilakukan lebih intensif lagi bersama masyarakat setempat yang tampak sangat antusias.

Semangat gotong royong sendiri terus dibangkitkan Genius mengingat goro merupakan budaya masyarakat Pariaman yang mesti dipertahankan.

Gotong royong ini dilakukan pada hari pertama puasa bagi sebagaian masyarakat Pariaman tradisi Muhammadiyah.

"Tetap semangat meski sebagian yang ikut goro sedang menjalankan ibadah puasa, khususnya warga Pariaman beraliran Muhammadiyah," kata Genius.

Dalam tahun 2022, Genius Umar berhasil membuka jalan sepanjang 35 meter tanpa dukungan APBD Kota Pariaman. Pembukaan jalan dilakukan secara gotong royong ini bahkan sudah diketahui oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat. (Juned/OLP)