Operasi Ketupat 2022, Genius pastikan tidak ada penyekatan selama Lebaran

Foto: Junaidi

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar memastikan tidak ada penyekatan arus mudik di Kota Pariaman selama musim liburan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

"Sebagaiaman arahan Kapolri tidak ada penyekatan kegiatan masyarakat selama mudik lebaran, namun kita tetap mengimbau masyarakat mematuhi protokol kesehatan," kata Genius Umar saat memimpin apel gelar pasukan tanda dimulainya Operasi Ketupat Singgalang 2022 di Mapolres Pariaman, Jumat (22/4).

Menurutnya, selama dua tahun belakangan masyarakat dilarang mudik lebaran karena pandemi Covid-19. Dia memperkirakan arus mudik 2022 menuju Pariaman akan membludak.

"Untuk itu diperlukan pengamanan terpadu. Mulai dari TNI, Polri, Pol PP, Dinas Perhubungan, BPBD dan petugas kesehatan," tutur Genius.

Sementara dalam arahan Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan Genius Umar dalam apel tersebut fokus pengamanan adalah 101.700 obyek di seluruh indonesia. Baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasium kereta api dan bandara.

Pada kesempatan itu Genius juga menyampaikan saat ini Kota Pariaman telah berada di level 1 dan terbaik dalam penuntasan Covid-19 di Sumatera Barat termasuk dalam capaian vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Kapolres Pariaman, AKBP Abdul Aziz menyebut pihaknya mendirikan dua Pos Pengamanan dan juga dua Pos Pelayanan selama Operasi Ketupat Singgalang. Jumlah personil yang diturunkan sebanyak 125 petugas.

"Para pemudik diharapkan juga sudah melakukan vaksin booster sebelum pulang kampung," kata dia. (Juned/OLP)