Kampung Baru Food Street pusat jajanan kuliner terbersih di Kota Pariaman

Foto: OLP

Pariaman - Bulan Suci Ramadhan selalu membawa berkah tersendiri bagi para pedagang pabukoan. Baik pedagang rutin hingga kagetan.

Di Pariaman, Pasar Pabukoan disediakan di dua lokasi. Lokasi pertama di Pasar Pariaman dan lokasi kedua di Balai Kuraitaji, Pariaman Selatan.

Namun, ada lokasi ketiga. Yakni Pasar Pabukoan Kampung Baru Food Street alias pusat jajanan kuliner jalanan Desa Kampung Baru, Pariaman Tengah. Lokasi ini mungkin sama ramainya dikunjungi dari pada Pasar Pabukoan Pariaman.

Pusat jajanan kuliner pinggir jalan ini menyajikan menu yang lebih kaya. Selain menu pabukoan, di sana juga tersedia jajanan kekinian sehingga lebih diminati kaum milenial.

Memasuki waktu berbuka puasa, jalanan di sana bisa macet parah. Dari perhitungan manual redaksi Pariamantoday.com, selama bulan puasa, terdapat lebih dari 70 lapak di sepanjang jalan dari SMU 1 Pariaman hingga RSUD Pariaman. Dari mulai sate ayam, aneka jus hingga menu kekinian lengkap dijajakan. Waktu buka juga merentang hingga tengah malam.

Desa Kampung Baru memang dikenal kampung heterogennya Kota Pariaman. Entah mengapa suasana di Kampung Baru Kuliner Street memiliki suasana berbeda. Sepertinya jajanan yang dijual juga tersaji lebih bersih dengan pelayanan paripurna.

Kami melihat pedagang di sini juga lebih tertib dan menjaga kebersihan dengan baik. Sampah-sampah tidak akan ditemukan bertebaran di sepanjang jalan. Ini sudah lama kami perhatikan. Kesadaran pedagang dan pembeli sepertinya auto jalan.

Soal harga. Nah, ini uniknya. Meski disajikan dengan baik dan bersih, kuliner yang didagangkan dijual dengan harga terjangkau. Uniknya, para pembeli juga bisa melakukan antri dengan baik menunggu pesanan kayak belanja di super market kota besar. Perihal antri yang tertib ini cuma bisa ditemukan di sini.

Kuliner Kampung Baru sebenarnya sudah puluhan tahun lamanya ada dan memiliki reputasi tinggi perihal pelayanan dan kebersihan.

Kawasan ini dipantau dan dibina secara independen oleh Pemdes Kampung Baru. Perihal kebersihan, kami memberikan bintang 4,5 dari penilaian 5 bintang. (OLP)