Anak kelas 6 SD mampu jadi ketua panitia Lomba Tahfiz di Desa Cubadak Air

Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Alfurqan Cubadak Air bersama Rumah Tahfidz Ummu Atta menggelar Lomba Tahfidz Quran tingkat, SD, SMP dan SMA yang dipusatkan di Musala Alfurqan Desa Cubadak Air. Foto: Erwin

Pariaman - Sebanyak 37 anak mengikuti lomba Tahfiz Quran tingkat SD, SMP dan SMU sederajat. Lomba di pertengahan bulan suci Ramadhan ini digelar oleh MDTA Musala Alfurqan bersama Rumah Tahfiz Ummu Atta Desa Cubadak Air, Sabtu lalu (16/4).

"Lomba digelar selama dua hari 16 dan 17 April 2022 dengan tiga kategori lomba dan kategori surat pilihan," kata Kepala Desa Cubadak Air, Sabar Ali di Pariaman, Senin (18/4).

Lomba tersebut sengaja diselenggarakan di bulan suci Ramadhan untuk menambah kegiatan positif di desa mereka.

Sabar Ali bahkan mengatakan karena intensnya aktifitas pelajaran keagamaan di desanya, tidak mengherankan jika banyak Qori dan Qoriah terbaik Kota Pariaman berasal dari Desa Cubadak Air.

"Desa Cubadak Air ini dulunya banyak mencetak Qori dan Qoriah terbaik, dan sekarang muncul generasi penghafal Quran," kata dia.

Sabar Ali juga mengapresiasi para orang tua yang ikut berperan membimbing dan mengarahkan anaknya belajar sebanyak mungkin ilmu agama sedari dini. Karena peran dan dukungan para orang tua tersebut, pihaknya jadi tambah bersemangat menghelat berbagai lomba bertemakan Islami.

"Karena itu kami mendukung penuh. Untuk musala Alfurqan sendiri telah memiliki tenaga pendidik profesional," imbuhnya.

Sementara ketua panitia lomba, Muhammad Alif Albuqari mengatakan loma tersebut diadakan bukan semata mencari siapa yang juara. Lomba lebih menitikberatkan sebagai sarana motivasi bagi generasi muda untuk mencintai Alquran.

Selaku ketua panitia lomba, Alif sendiri adalah siswa kelas 6 SD di SDN 04 Cubadak Air, Pariaman Utara. Ia terbilang muda tapi sudah mampu menyelenggarakan lomba sesakral itu.

Alif menjelaskan, masing-masing pemenang lomba akan mendapat piala dan tabanas. Selain itu, juga akan dipilih santri teladan yang nantinya juga akan menerima piala khusus. (Erwin/OLP)