Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pendaftaran Sagasaja dibuka, Telkom University akan jadi primadona

1 Maret 2022 | 1.3.22 WIB Last Updated 2022-03-01T13:17:11Z


Pariaman - Pemko Pariaman membuka pendataran bagi calon mahasiswa baru asal Kota Pariaman untuk program satu keluarga satu sarjana (Sagasaja) tahun akademik 2022/2023.

Pendaftaran bisa dilakukan secara daring melalui link bit.ly/SagaSaja2022 dimulai dari tanggal 23 Februari lalu hingga 23 Maret 2022 mendatang.

Sedangkan syarat lainnya adalah seleksi administrasi yang dimulai dari tanggal 24 hingga 29 Maret 2022 dan diumumkan pada 30 Maret 2022 di Kantor Disdikpora Kota Pariaman.

Sementara untuk jadwal seleksi bagi calon mahasiswa Sagasaja yang ingin kuliah di Telkom University bisa mendaftar melalui link https://smb.telkomuniversity.ac.idits. Jadwal seleksinya pada tanggal 16 April 2022.

Selain Telkom University (Baru dimulai kerjasama tahun akademik 2022/2023), program Sagasaja juga menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi lainnya. Seperti Politeknik Negeri Padang, Politeknik Akademi Teknologi Industri Padang, Politeknik Pelayaran Sumbar, Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia, Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor.

Untuk syarat penerimaan mahasiswa baru Sagasaja tahun akademik 2022/2023 adalah sebagai berikut. Untuk jenjang program Diploma III Strata I (Pendidikan vokasi) wajib warga Kota Pariaman dibuktikan memiliki KTP dan KK Kota Pariaman. Pendaftar berumur maksimal 22 tahun pada Juli 2022.

Pemilihan program studi sendiri disesuaikan dengan jurusan program studi di SMA sederajat, minimal kelas 12 atau lulusan SMA sederajat. Kemudian memiliki surat keterangan keluarga kurang mampu dari desa kelurahan domisili yang ditandatangani minimal tiga orang perangkat desa atau kelurahan.

"Selanjutnya akan kita cocokkan data tersebut dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kota Pariaman. Syarat lainnya adalah ijazah terakhir, SKHU, Surat Keterangan Lulus Sementara bagi siswa yang telah lulus SMA SMK MA. Pendaftar diperbolehkan memilih 4 Perguruan Tinggi," ungkap Kepala Disdikpora Kota Pariaman, Kanderi di Pariaman, Selasa (1/3).

Sementara untuk calon mahasiswa yang memilih kuliah di Telkom University Bandung harus mengantarkan bukti pendaftaran ke kantor Disdikpora untuk digratiskan biaya pendaftarannya.

Semua persyaratan di atas discan dan disimpan dalam format PDF serta diberi nama sesuai dengan dokumennya. Contoh KK Nama, KTP Nama, Ijazah Nama dan SKTM Nama.

Selain itu, kata Kanderi, pihaknya juga memfasilitasi calon mahasiswa dari pelamar umum yang ingin kuliah di Telkom University di semua jurusan dengan biaya pribadi dengan ketentuan sebagai berikut.

Khusus Fakultas Ilmu Terapan D3 gratis biaya pendaftaran, sedangkan fakultas lain disesuaikan dengan kebijakan kampus. Persyaratan pendaftaran disesuaikan dengan kebijakan kampus dan mengantarkan nomor bukti pendaftaran ke kantor Disdikpora.

Bagi calon mahasiswa yang lulus tes administrasi dan tes akademik, program Sagasaja akan memberikan bantuan pendidikan berupa uang SPP dan uang bulanan. Uang bulanan bagi mahasiswa yang kuliah dalam provinsi Sumatra Barat sebesar Rp 500 ribu per bulan.

"Untuk yang kuliah di luar provinsi (Sumbar) sebesar Rp 2,5 juta per bulan bagi tiap mahasiswa," terang Kanderi.

Uang SPP Semester I dan uang bulanan selama 6 bulanan untuk 1 semester, kata Kandei, akan dibayarkan langsung setelah calon peserta lulus seleksi akademik pada masing-masing Perguruan Tinggi. Sedangkan uang SPP semester II-VI/VIII dan uang bulanannya akan dibayarkan dengan persyaratan IPK Mahasiswa semester sebelumnya minimal 2,75.

"Namun jika IPK mahasiswa tersebut kurang dari 2,75 maka SPP akan ditanggung oleh mahasiswa dan tidak mendapatkan uang bulanan selama 6 bulan atau 1 semester," ungkap Kanderi.

Tetapi jika mahasiswa berhasil meraih IPK per semester di atas 3.75, Pemko Pariaman akan memberikan bonus di luar uang bulanan sebesar Rp 1 juta. (Desi/OLP)

×
Berita Terbaru Update