MTB Tour de Pariaman: Peserta minta digelar dua kali setahun dengan arena lebih menantang

Foto: Junaidi

Pariaman - Fun Bike MTB Tour de Pariaman tingkat nasional memasuki hari kedua, Minggu (37/3). 136 peserta tercatat mengikuti lomba MTB XCC (Cross Country Mountain Bike) yang mengambil garis start di Pantai Kata Pariaman di hari terakhir kompetisi.

"Peserta MTB XCC melebihi dari target 100 peserta," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono.

Kompetisi balap sepeda gunung itu berhadiah Rp 36 juta dengan 10 kategori perlombaan. Di antaranya kelas Men Master A, Men Master B, Men Master C, Men Youth, Women Youth, Women Junior, Women Open, Men Amatir, Men Junior, dan Men Elite.

Sedangkan untuk jarak tempuh di masing kelas juga berbeda. Seperti kategori master A, B dan C akan menempuh jarak 10 km dalam lima kali putaran dengan setiap rute sepanjang 2 km. Lalu bagi kategori peserta wanita hanya menempuh satu putaran saja.

MTB XCC Race Pariaman 2022 ini diikuti peserta dari Provinsi Jambi, Bengkulu dan Riau - dari Kota Dumai, Pekanbaru. Peserta dalam Provinsi Sumatra Barat diikuti atlet dari Kota Padang, Kota Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Kabupaten Padangpariaman serta Kota Pariaman selaku tuan rumah.

Marhen berencana akan menjadikan iven tersebut menjadi agenda sport tourism tahunan Kota Pariaman. Ke depan pihaknya akan memperluas cakupan dan skala yang lebih besar.

Peraih juara pertama kelas Master A dari ISSI Club Payakumbuh, Ziko Purmindo menyebut track atau arena yang disajikan panitia cukup menantang. Selain menantang, pengambilan rute oleh panitia jadi daya tarik tersendiri baginya. Ia bahkan mengusulkan agar iven tersebut diselenggarakan dua kali setahun dengan arena yang lebih menantang.

"Rutenya juga mengambil spot-spot wisata menarik seperti melewati hutan pinus sepanjang pantai, memasuki jalur pasir pantai yang menguras tenaga dan rute Pantai Kata. Ini sangat mengagumkan," kata Ziko.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan selama dua hari perlombaan sekitar 35 club dari berbagai daerah telah mengikuti dan menjajal arena MTB Tour de Pariaman.

Hampir 1000 peserta, klaim Genius, mengikuti lomba yang terselenggara atas kerjasama Pemko Pariaman dengan Kementerian Pariwisata itu. Untuk hadiah utama, panitia menyediakan satu unit sepeda motor, sepeda dan sejumlah hadiah menarik lainnya. Acara juga dimeriahkan dengan doorprice.

"Pariwisata Kota Pariaman kembali bangkit dengan suksesnya beberapa iven sport tourism yang kita selenggarakan sejak awal 2022 ini. Seluruh destinasi wisata kembali menggeliat," kata Genius Umar.
Mountain Bike Orienteering atau MTB merupakan balap sepeda gunung dengan jalur off road. MTB biasanya digelar di area pegunungan dan bebatuan, bisa juga dengan arena buatan sesuai standarisasi olahraga tersebut.

Fun Bike MTB 2022 start dan finish di Pantai Kata setelah mengelilingi Kota Pariaman sebelum memasuki arena. Para atlet akan melewati lima ruas jalan sepanjang 35 km yang baru dibuka secara swadaya oleh Pemko dan masyarakat Pariaman.(Tim/OLP)