Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Metropolitan Palapa: Genius, Hendri Sapta dan Suhatri Bur akan wujudkan gagasan Anas Malik

15 Maret 2022 | 15.3.22 WIB Last Updated 2022-03-14T20:24:38Z

Genius-Suhatri Bur dan Hendri Sapta kompak lanjutkan gagasan Metro Palapa yang digagas Bupati Legendaris Anas Malik. Foto: Junaidi

Pariaman - Konsep kota metropolitan Padang-Lubuk Alung-Pariaman alias Palapa yang sempat digagas mantan Bupati Padangpariaman, Anas Malik (1980-1990) disinggung Walikota Pariaman, Genius Umar saat menghadiri pelantikan pengurus PKDP Kota Padang periode 2021-2026 di Padang, Minggu (13/3).

"Dalam beberapa kali pertemuan dengan Walikota Padang dan Bupati Padangpariaman kita sepakat kembali melanjutkan gagasan kota metropolitan Palapa," kata Genius Umar.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata Genius, perlu dilakukan pemetaan kawasan dan percepatan penataan konsep Palapa. Baik untuk Kota Pariaman, Kabupaten Padangpariaman dan Kota Padang.

"Kawasan Metropolitan Palapa digagas oleh Pak Anas Malik. Sebuah gagasan brilian yang mesti kita wujudkan," ungkap Genius.

Konsep kota metropolitan Palapa sendiri adalah mengintegrasikan tiga wilayah administrasi pemerintahan yang saling sinergi untuk menjadi kawasan metropolitan di Sumatra Barat.

"Jika ini terwujud akan memberikan efek luar biasa untuk kemajuan Sumatra Barat," kata dia.

Sementara Walikota Padang, Hendri Septa mengatakan pihaknya bergerak cepat dengan segera merancang dokumen perancanaan dan MoU yang diperlukan konsep Palapa. Dia meyakini kawasan metropolitan Palapa akan benar-benar menjadi kawasan maju dengan melibatkan tiga daerah.

"Kita segera merancang dokumen perencanaan Palapa dan MoU yang diperlukan," ungkap suami dari cucu Anas Malik itu.

Sedangkan Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur juga menyambut baik kawasan metropolitan Palapa - karena dengan begitu - cita-cita Anas Malik diteruskan oleh pemimpin saat ini.

"Kawasan ini akan menjadi role model, sinergitas antar daerah dalam memajukan Sumatera Barat yang lebih maju lagi," kata dia. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update