250 fotografer abadikan sunset dan nelayan Pariaman

Foto: Dewi

Pariaman - Sebanyak 250 fotografer se Sumatra Barat mengikuti Pariaman Photography Contest Friendship 2022 yang diselenggarakan di Rumah Tabuik Pasa di Karanaur Pariaman, Rabu (23/3).

Menurut ketua pelaksana iven, Ilham Abdi, ada tiga tema yang dilombakan. Yakni kehidupan nelayan, seni dan budaya dan sunset Kota Pariaman. Lomba dilaksanakan satu hari dengan batas akhir penyerahan hasil foto pada 24 Maret besok.

"Batas akhir penyerahan foto 24 Maret 2022," kata dia.

Setelah penjurian, pemenang lomba akan diumumkan pada 27 dan 28 Maret 2022. Panitia menyediakan hadiah dengan total nilai Rp 15 juta.

"Pengumunan dan penjemputan hadiah pada tanggal 27 dan 28 Maret 2022," terangnya.

Pariaman Photography Contest Friendship 2022, kata dia, terselenggara atas kerjasama ASA Community Pariaman dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman.

"Tujuannya selain untuk ajang silaturahmi para fotografer di Sumatera Barat, juga untuk mengeksplore dan mengekpose destinasi wisata dan kearifan lokal Kota Pariaman," tandasnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono mengatakan iven tersebut kembali akan digelar tahun depan dengan cakupan yang lebih luas.

Iven tersebut juga masuk dalam 77 kalender iven pariwisata Pariaman tahun 2022 - dan baru pertama kalinya digelar - dengan target peserta hanya dari Sumatra Barat.

“Namun dengan gencarnya promosi dan antusias para fotografer, peserta mencapai 250 orang yang berasal dari dalam maupun luar Sumatera Barat. Bahkan ada peserta dari Medan, Pekanbaru dan Bandung,“ sebutnya.

Pariaman Photography Contest Friendship 2022, kata dia, merupakan salah satu media promosi wisata Pariaman. Melalui karya-karya yang dihasilkan oleh para fotografer, kata Marhen, secara tidak langsung mempromosikan seni, budaya dan wisata Pariaman. (Dewi/OLP)