Waspadai varian Omicron, Genius kembali aktifkan faskes rujukan Covid-19

Foto: Desi

Pariaman - Pemko Pariaman akan melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 seiring serangan gelombang ketiga Covid-19 varian Omicron yang penyebarannya sangat cepat di Tanah Air.

Walikota Pariaman, Genius Umar menyampaikan ada dua kunci utama  menghadapi gelombang varian Omicron. Pertama dengan percepatan vaksinasi, kedua kembali meningkatkan protokol kesehatan

"Pelaksanaan vaksin kedua bagi masyarakat yang telah menerima dosis pertama, meningkatkan vaksinasi pada lansia yang masih rendah dan kepada anak usia 6 hingga 11 tahun," ungkap Genius Umar di Pariaman, Senin (7/2).

Selanjutnya, terang Genius, pihaknya kembali akan mempersiapkan semua fasilitas kesehatan untuk penanganan pasien Covid-19. Mulai dari perlatan, ruang rawat, obat-obatan, oksigen dan fasilitas lainnya.

Perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19, jelas Genius diperuntukkan bagi pasien kategori sakit sedang, kritis dan berat. Sementara bagi pasien dengan gejala ringan dan tapa gejala cukup dengan melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

"Namun kunci utama dalam penanganan Covid-19 tetap ada divaksinasi. Percepatan vaksinasi harus segera dilakukan," tandasnya.

Sebelumnya dalam video converence, Presiden Joko Widodo kuatir dengan perkembangan Covid-19 varian Omicron yang penyebarannya empat kali lebih cepat dari varian sebelumnya.

"Perkembangan virus varian Omicron sangat cepat sekali perkembangannya di Indonesia, bisa dikatakan empat kali lebih besar dari varian Delta, tetapi untuk tingkat rawatnya masih di bawah posisi varian Delta saat ini," kata Presiden. (Desi/OLP)