Pemko Pariaman sediakan klinik bagi anak yang memiliki hambatan intelektual

Foto: Dewi Lestari

Pariaman - Pemko Pariaman sediakan klinik tumbuh kembang anak di Taman Kanak Kanak (TK) Pembina Pariaman. Klini  tersebut juga sebagai upaya percepatan layanan pendidikan bagi anak usia dini.

"Untuk pendidikan dini yang berkualitas sekaligus meningkatkan Pariaman sebagai kota layak anak," Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Nonformal (PNF) Dinas Pendidikan Kota Pariaman, Hendri Djalal di Pariaman, Selasa (15/2).

Klinik tumbuh kembang anak, kata dia merupakan wadah yang melayani konseling dan intervensi bagi anak (TK dan PAUD) yang mengalami hambatan tumbuh kembang dan intelektual secara gratis.

"Pelayanan klinik sibuka setiap Senin, Rabu, dan Kamis mulai pukul 08.00 sampai 10.30 WIB, kecuali hari libur,“ kata dia.

Klinik tersebut juga akan membantu para orangtua dan guru dalam proses pengasuhan dan belajar mengajar bagi anak yang mengalami hambatan belajar. Klinik Tumbuh Kembang Anak, kata dia, merupakan program Bunda PAUD Kota Pariaman yang dibiayai dari APBD Kota Pariaman.

Ia berharap dengan keberadaan klinik itu akan menimbulkan kesadaran bagi semua pemangku kepentingan bahwa setiap anak istimewa yang memiliki bakat dan potensi masing-masing.

“ugas kitalah sebagai pendidik untuk menggali, menemukan dan mengembangkan potensi yang ada pada anak karena tidak ada anak yang tidak pintar. Setiap anak memiliki kelebihan sesuai dengan minat bakat dan potensi masing-masing,“ kata dia.

Klinik ini dikelola oleh guru pendamping khusus dengan kualifikasi pendidikan psikologi dan pendidikan luar biasa. Peserta klinik diikuti oleh warga kota Pariaman atau pelajar yang bersekolah di Kota Pariaman.

Ketua Tim Inklusi Kota Pariaman, Indriana Bil Resti mengatakan bahwa klinik tersebut merupakan inovasi luar biasa. Klinik tersebut juga merupakan klinik pertama khusus anak yang dikelola oleh Pemko Pariaman.

"Setiap anak bisa melakukan konsultasi dan bimbingan gratis yang ditangani profesional," kata dia.

Dia menuturkan setiap anak berhak menerima pendidikan layak sejak jenjang PAUD hingga jenjang SD. Menurut dia tidak ada istilah anak bermasalah, namun sedikit terhambat.

"Itulah misi dan tujuan tim kami untuk membantu agar anak-anak bisa berkembang sesuai dengan usianya, sehat fisik dan jiwanya," ungkap dia.

Bagi orangtua dan guru yang ingin mendapatkan layanan Klinik Tumbuh Kembang Anak bisa menghubungi Nurfahmi di nomor HP 0822-8731-5344. (Dewi/OLP)