Kerjasama Sagasaja dengan Tel-U, Genius akan kirim sebanyak mungkin anak Pariaman kuliah di sana

Foto: Junaidi

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar menandatangani momerandum of understanding (MoU) dengan Rektor Telkom University (Tel-U) Prof Dr Adiwijaya di Kampus Tel-U di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (4/2).

"Agar setiap lulusan program Sagasaja (Satu keluarga satu sarjana) langsung siap kerja," kata Walikota Pariaman Genius Umar.

Program Sagasaja merupakan inovasi Genius Umar sejak tahun pertama menjabat Walikota Pariaman pada 2018 lalu. Sagasaja merupakan upaya pemerintah mengintervensi pendidikan karena ketidakmampuan keluarga miskin membiayai kuliah anak mereka.

Melalui Sagasaja, ratusan anak Pariaman dari keluarga miskin kini telah berkuliah di berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia dengan pembiayaan kuliah hingga uang saku ditanggung APBD Kota Pariaman.

"Dengan pendidikan kita juga bisa menekan angka kemiskinan. Dengan kerjasama ini berarti kita mengirimkan anak Pariaman kuliah di salah satu kampus terbaik Indonesia," kata Genius.

Genius juga mengungkapkan beberapa keunggulkan Kampus Tel-U. Selain baik di bidang akademik, mahasiswa Tel-U juga diajarkan soft skill attitude sehingga menjadikan Kampus Tel-U sering disebut 'kawah candradimuka'.

"Kawah candradimuka istilah dulunya, di sini digembleng dan menciptakan pemimpin masa depan karena ilmu akan menghasilkan mutu," terangnya.

Genius mengungkapkan hingga saat ini 100 persen lulusan Tel-U telah bekerja dan sukses menjadi entrepreneurship handal.

Pihaknya berencana mengirimkan sebanyak mungkin anak Pariaman kuliah di Tel-U yang menurutnya akan menjadi agen perubahan dalam tiga atau empat tahun mendatang. Jika bisa, ia akan mengirimkan 50 orang kuliah di sana.

“Tiga sampai empat tahun ke depan akan lahir agen-agen perubahan lulusan Tel-U untuk memberikan perubahan bagi 50 rumah tangga yang ada di Kota Pariaman,” ungkapnya.

Rektor Tel-U Adiwijaya memuji inovasi Sagasaja sebagai upaya pemerintah memberantas kemiskinan melalui pendidikan. Intervensi pendidikan yang dilakukan Pemko Pariaman melalui Sagasaja dinilainya terbilang langkah luar biasa.

Tel-U sendiri, kata dia, telah banyak melakukan kerjasama dengan pemerintah kota maupun pemerintah kabupaten yang ada di Indonesia.

"Insya Allah kerjasama ini akan kami jalankan sebaik-baiknya sesuai dengan budaya yang kami miliki, yaitu harmony, excelent dan intergrated," ujarnya.

Di Telkom University terdapat 7 fakultas. Yakni Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Terapan dan Fakultas Industri Kreatif.

Tel-U juga telah mengantongi Akreditasi “A” atau Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) serta Akreditasi Internasional untuk beberapa prodi. Sejalan dengan ini, Kemendikbud dan Kemenristekdikti menobatkan Telkom University sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia. (Juned/OLP)