Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius bagikan alat KB dan penunjang ketahanan keluarga

9 Februari 2022 | 9.2.22 WIB Last Updated 2022-02-09T12:48:31Z

Foto: Phaik

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar bagikan alat bantu dan sarana kesehatan bagi keluarga berencana kepada sejumlah sasaran atau penerima di Pariaman, Rabu (9/2).

Jenis alat maupun sarana yang diserahkan tersebut berupa implan kit, IUD kit, 8 unit BKB kit, 10 unit PPKBD kit dan obgyn bed.

Sedangkan fasilitas kesehatan yang menerima yakni RS Sadikin, Kelompok Ketahanan Keluarga, seluruh Puskesmas yang ada di Kota Pariaman dan para kader desa kelurahan.

Pemberian sarana tersebut, kata Genius, untuk meningkatkan capaian program KB dan memantau tumbuh kembang anak.

"Guna menunjang layanan KB dan ketahanan keluarga di Kota Pariaman," kata Genius Umar didampingi Kepala DP3AKB Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit.

Program KB, kata Genius tidak hanya untuk mengendalikan penduduk, tapi sekaligus akan berdampak besar bagi derajat kesehatan masyarakat.

"Program KB juga sebagai upaya mengurangi tingkat kematian ibu, bayi dan balita dengan memberikan perlindungan reproduksi dan perlindungan hak ibu dan anak," tuturnya.

Dari data tahun 2021, penduduk Kota Pariaman berjumlah 95.519 jiwa. Kota Pariaman memiliki banyak fasilitas kesehatan jika dibandingkan jumlah wilayahnya yang hanya 73,36 km per segi.

Di Kota Pariaman terdapat 2 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yakni RSUD Pariaman milik Pemerintah Provinsi Sumatra Barat dan RSUD dr Sadikin milik Pemerintah Kota Pariaman.

Di samping itu juga terdapat rumah sakit milik swasta di antaranya RS Asyiyah, RS Tamar Medical Center dan 18 klinik/balai pengobatan. Pariaman juga memiliki 7 Puskesmas, 13 Puskesmas pembantu, dan 51 pos kesehatan desa/kelurahan. (Phaik/OLP)

×
Berita Terbaru Update