Jadi full gratis, Poltekpel Sumbar beri subsidi bagi taruna program Sagasaja Pariaman

Foto: Rika

Pariaman - Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatra Barat (Sumbar) akan mensubsidi biaya asrama, makan dan seragam bagi pelajar Kota Pariaman yang masuk lewat jalur program Satu Keluarga Satu Sarjana (Sagasaja).

"Poltekpel Sumbar salah satu sekolah yang beruntung ditunjuk Pemko Pariaman dalam kerjasama ini," kata Wakil Direktur III Poltekpel Sumbar, Kapten Bintang Novi pada sosialisasi seleksi penerimaan calon taruna/taruni kepada siswa/siswi SMA/SMK se Kota Pariaman di Balaikota Pariaman, Jumat (14/1).

Sementara lewat Sagasaja Pemko Pariaman akan membiayai seluruh uang semester para taruna/taruni yang nantinya menimba ilmu di perguruan tinggi yang beralamat di Ulakan Tapakis Padangpariaman ini.

Poltekpel Sumbar sendiri, kata Bintang Novi, memiliki dua program kerjasama dengan Pemko Pariaman. Yakni program pembibitan dan program reguler yang mana kedua program tersebut menerapkan skema kerjasama yang sama.

"Sehingga anak-anak program Sagasaja mendapatkan pembiayaan gratis," pungkasnya.

Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin mengatakan, program Sagasaja sudah dimulai sejak awal kepemimpinan Genius-Mardison pada ujung tahun 2018 setelah mereka dilantik menjadi pasangan walikota-wakil walikota.

Program Sagasaja mendapatkan sokongan dana penuh dari Pemko Pariaman melalui APBD yang dianggarkan tiap tahun ditambah dukungan dari Baznas Kota Pariaman.

"Ini merupakan satu-satunya program yang ada di Sumatra Barat yang bertujuan agar keluarga tidak mampu bisa mengenyam pendidikan tinggi tanpa perlu memikirkan biaya," ujarnya.

Sagasaja juga telah mendapatkan reward dari Pemerintah Pusat pada Desember 2021 lalu. Ke depennya, kata Mardison, Pemko akan terus mengembangkan program tersebut agar lebih banyak lagi anak Pariaman yang tercover dalam program tersebut.

"Dengan pendidikan kami meyakini mampu memutus mata rantai kemiskinan," ujarnya. (Rika/OLP)