Genius targetkan vaksinasi 100 persen terpenuhi sampai April 2022

Foto: istimewa

Pariaman - Kota Pariaman akan memulai jadwal vaksinasi Covid-19 di tahun 2022 dengan laju yang dipercepat, khususnya untuk pemberian dosis pertama, lalu dosis kedua.

"Akhir 2021 kemarin capaian vaksinasi dosis pertama Kota Pariaman mencapai angka 70,3 persen. Capaian ini sesuai dengan target nasional," kata Walikota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Kamis (13/1).

Sedangkan capaian akumulatif Provinsi Sumatra Barat, kata Genius, pemberian dosis pertama telah mencapai angka 69,07 persen. Angka tersebut belum memenuhi target akhir 2021 nasional yang harus di angka 70 persen.

"Karena itu dalam 4 hari ke depan capaian vaksinasi Sumbar harus capai angka 70 persen. Seluruh kabupaten dan kota yang ada di Sumatra Barat harus mengikutinya," ungkap Genius.

Genius menuturkan, Pemerintah Pusat juga memberi target 100 persen pemberian dosis pertama hingga April 2022 mendatang. Untuk mencapai target tersebut pihaknya perlu kerjasama dengan semua pihak, terutama TNI dan Polri.

"Dan Dinas Kesehatan sebagai garda terdepannya," kata dia.

Sebagai langkah strategis, kata Genius, pihaknya telah membuka Posko khusus percepatan vaksinasi di Balaikota Pariaman agar kontrol dan koordinasi seluruh stakholder menjadi lebih mudah dan satu arah.

"Kami optimis Kota Pariaman bisa capai target 100 persen pada April mendatang," pungkasnya. (Junaidi/OLP)