Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius salurkan donasi 100 juta bagi korban erupsi Semeru

10 Januari 2022 | 10.1.22 WIB Last Updated 2022-01-10T02:08:13Z

Foto: istimewa

Lumajang - Pemko Pariaman berikan bantuan kemanusiaan bagi korban letusan gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (9/1).

Bantuan sebesar Rp 100 juta ini diserahkan langsung oleh Walikota Pariaman, Genius Umar kepada Bupati Lumajang, Thoriqul Haq di Lumajang.

"Bantuan ini merupakan sumbangan dari seluruh ASN dan warga Pariaman," ungkap Genius Umar.

Genius menuturkan, daerah yang dipimpinnya juga merupakan rawan bencana. Apa yang dirasakan masyarakat Lumajang ikut dirasakan warga Pariaman karena Kota Pariaman pernah mengalami bencana gempa bumi besar pada 2009 silam yang menjadi bencana nasional.

"Jika melihat suatu daerah tertimpa bencana rasa empati masyarakat Pariaman tergugah dan secara spontan melakukan penggalangan dana untuk membantu," imbuhnya.

Pada kesempatan itu ia juga berbagi trik menangani pembangunan pasca bencana. Pembangunan dan ekonomi menurut dia harus kembali bangkit.

Ia menuturkan, pembangunan di daerah rawan bencana perlu strategi dan cermat. Sistem pembangunan bagi kawasan rawan bencana perlu perhitungan. Seperti pengelolaan aliran lahar, drainase saluran sungai hingga ketahanan bangunan terhadap guncangan gempa vulkanik.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan letusan Semeru mengakibatkan 58 orang meninggal dunia, 10.400 warga kehilangan tempat tinggal.

"Bahkan untuk mengantarkan bantuan saja kita membutuhkan sepeda motor untuk sampai ke beberapa titik lokasi dan menempuh waktu 20 menit," kata dia. (Phaik/OLP)

×
Berita Terbaru Update