Pemko rilis nama warga yang belum vaksinasi Covid-19

Foto: Junaidi

Pariaman - Hingga hari ini persentase warga Kota Pariaman yang telah menerima vaksinasi Covid-19 telah mencapai angka 57,24 persen atau setara dengan 42.275 orang.

"Kita berharap hingga akhir Desember tahun ini mencapai 70 persen atau memenuhi target Herd Immunity," ungkap Walikota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Senin (13/12).

Menurut dia, Pemko Pariaman juga telah mengeluarkan nama-nama warga yang belum divaksin sesuai alamat domisilinya. Oleh sebab itu pihaknya meminta camat dan lurah segera menelusuri warga-warga yang belum melakukan vaksinasi.

"Sampai kepala dusun agar menelusuri warganya yang belum divaksin," kata Genius.

Ia menegaskan vaksinasi bukan sekadar program pemerintah semata, namun juga demi kekebalan komunal Kota Pariaman. Jika masih banyak warga yang belum divaksinasi, Kota Pariaman tidak akan mencapai kekebalan komunal alias Herd Immunity.

Dengan adanya pengungkapan nama-nama warga yang belum divaksinasi, kata Genius, ia meminta agar warga tersebut secepatnya melakukan vaksinasi demi suksesnya program vaksin daerah.

"Bila Herd Immunity telah tercapai kita bisa melaksanakan aktivitas seperti semula. Sehingga, roda perekonomian kembali meningkat," ucapnya.

Ia berharap kepada warga Pariaman yang belum melakukan vaksinasi dengan penuh kesadaran sendiri mau melakukan vaksinasi. Ketersediaan vaksin Kota Pariaman jenisnya juga beragam, dan masyarakat bisa memilih merk yang mereka suka.

Dari data Dinkes Kota Pariaman setidaknya ada empat jenis vaksin tersedia. Di antaranya Moderna, Sinovac, Pfizer dan Sinoparm. (Juned/OLP)