Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

LPM Desa Cimparuah berpeluang raih LPM terbaik tingkat Sumatra Barat

9 November 2021 | 9.11.21 WIB Last Updated 2021-11-09T01:04:58Z

Foto: Erwin

Pariaman - Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Cimparuah mewakili Kota Pariaman untuk penilaian LPM berprestasi tingkat Sumatra Barat 2021.

"Hari ini kita didatangi tim penilai provinsi yang diketuai langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbar," ungkap Kepala DPMD Kota Pariaman, Hendri di Desa Cimparuah, Senin (8/11).

Hendri mengatakan peran LPM tidak hanya sebatas mitra pemerintahan desa semata, namun juga harus bisa menggerakkan segala aspek kehidupan di tengah masyarakat demi lancarnya pembangunan.

Oleh sebab itu, LPM mesti berperan aktif mendorong partisipasi masyarakat dan lembaga kemasyarakatan lainnya agar bersinergi dengan pemerintahan desa.

"Dalam upaya proses pemberdayaan dan kemandirian masyarakat,"kata Hendri.

Di samping itu, sambung dia, LPM juga berfungsi sebagai lembaga yang mampu mengangkat potensi di setiap desa untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Sejauh ini, ungkap Hendri, LPM Desa Cimparuah sudah banyak melakukan terobosan dan inovasi memajukan Desa Cimparuah. Ia berharap tim penilai menggali lebih dalam kemampuan LPM yang mewakili Kota Pariaman ini.

Kepala DPMDes Sumbar, Amasrul meminta LPM mampu mengajak masyarakat memajukan desa menjadi desa mandiri.

Mantan Sekda Kota Padang ini berharap pihak desa memberikan informasi yang sebenarnya kepada tim penilai berdasarkan fakta dan data - tidak dibuat-buat sekadar untuk penilaian saja.

Beberapa aspek yang menjadi penilaian LPM berprestasi tingkat Sumbar, kata dia adalah aspek legalitas kelembagaan, aspek sarana dan prasarana kelembagaan, aspek peningkatan kapasitas dan aspek keterlibatan LPM dalam kegiatan nagari atau desanya.

"LPM berprestasi tingkat Sumbar 2021 ini nantinya akan diikutsertakan dalam studi komperatif di tingkat nasional," ungkapnya. (Erwin/OLP)

×
Berita Terbaru Update