Didukung dermawan dan gotong royong, Genius buka akses jalan dua dusun di Desa Cubadak Air

Foto: Junaidi

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar kembali membuka jalan tanpa menggunakan anggaran APBD. Jalan yang dibuka secara swadaya gotong royong ini sepanjang 1.000 meter di tepi aliran sungai Talang Kuning Dusun Buruah Kubu Desa Cubadak Air, Pariaman Utara, Sabtu (27/11).

Akses jalan yang telah lama ditunggu masyarakat itu berdekatan dengan bendungan Talang Kuning yang sedang dibangun pemerintah menggunakan dana alokasi khusus (DAK).

"Dengan dibukanya jalan ini akan membantu mobilitas warga sesuai dengan aspirasi dan keinginannya," kata Genius.

Genius menuturkan, selama pandemi Covid-19 anggaran banyak dipotong untuk penanganan pandemi. Berbagai infrastruktur yang dianggapnya mendesak, gerakan swadaya perlu ia lakukan untuk pembangunan yang merata.

"Juga keinginan masyarakat yang menyerahkan tanahnya menjadi jalan. Ini sangat membantu Pemko Pariaman mewujudkan pembangunan yang merata," imbuhnya.

Sejauh ini, terang Genius, pihaknya telah mambuka jalan sepanjang 7 km di kecamatan Pariaman Selatan tanpa dukungan APBD. Pembukaan jalan tersebut sekaligus mendukung program Pariaman sebagai Waterfront City.

Pembangunan secara gotong royong, kata Genius, sesuai betul dengan filosofi Sabiduak Sadayuang Pariaman. Karena kekompakan masyarakat dan jajaran OPD, pembukaan jalan berjalan sukses tanpa hambatan.

Pembukaan jalan di Dusun Kubu juga akan disambungkan ke arah Dusun Talang Taga oleh seorang dermawan bernama Haji Del. Menggunakan uang pribadinya, Haji Del berusaha membantu akses yang selama ini terisolir.

"Karena minimnya akses jalan melalaui dua dusun tersebut," tandasnya.

Pengerjaan pembukaan jalan dibantu satu buah eskavator untuk menimbun sekaligus membuka akses jalan yang dipenuhi pohon kelapa dan melewati sawah warga. (Juned/OLP)