Wisata Pariaman kembali ramai pengunjung, Pemko tingkatkan pengamanan

Foto: istimewa

Pariaman - Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin menekankan pentingnya menjaga keamanan dan kebersihan di seluruh objek wisata yang ada di Kota Pariaman.

"Karena hal ini jadi penentu ramai tidaknya pengunjung," tegas Mardison saat memimpin upacara gabungan di Pantai Gandoriah Pariaman, Kamis (14/10).

Saat ini, kata dia, sektor pariwisata telah menjadi penunjang perekonomian Kota Pariaman. Kian berkembangnya sektor kepariwisataan, penantaan dan peningkatan sumber daya manusia juga wajib ikut berkembang.

Untuk kawasan pesisir pantai provinsi Sumatra Barat, sambung Mardison, Pantai Pariaman telah menjelma menjadi primadona dan yang paling ramai dikunjungi saat ini. Wisata pantai Pariaman bahkan telah dikenal secara nasional hingga internasional.

"Untuk itu kita menjadikan keamanan sebagai prioritas utama. Hal itu telah kami buktikan dengan selalu melakukan pemantauan terhadap petugas keamanan di sekitar objek wisata," imbuhnya.

Mardison juga menegaskan meski berbagai infrastruktur banyak dibangun di berbagai objek wisata, pihaknya tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup. Pengembangan pariwisata, tidak akan menghilangkan keasrian yang ada.

Dalam hal pengamanan di sepanjang jalur masuk dan dalam area wisata, kata Mardison, Pemko juga telah menjalin sinergi dengan Polri dan TNI untuk memantau keamanannya.

“Khusus untuk area banyak pengunjung, kita akan tempatkan petugas lebih banyak," ungkapnya.

Sedangkan untuk peningkatan sumber daya manusia, kata dia, Pemko Pariaman telah rutin memberikan pelatihan. Baik kepada kelompok sadar wisata, masyarakat yang bermukim di area wisata maupun pedagang di area wisata.

"Kemarin kita juga memberikan pelatihan kepada 20 orang pemandu wisata, dan masih banyak lagi pelatihan dan pembekalan untuk peningkatan SDM," pungkasnya. (Wista/OLP)