Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kota Pariaman raih penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan

13 Oktober 2021 | 13.10.21 WIB Last Updated 2021-10-13T12:36:14Z

Foto: Rika

Pariaman - Pemerintah Kota Pariaman kembali meraih penghargaan nasional dari pemerintah pusat. Kali ini Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPPA) kategori Pratama.

"Penghargaan ini (APE) baru pertama kali diraih kota Pariaman," ungkap Kepala DPPPAKB Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit di Pariaman, Rabu (13/10).

Lebih mengejutkan lagi, kata Gusniyetti, Pemko Pariaman juga baru pertama mengikuti APE yang langsung meraih penghargaan tingkat pratama.

Penghargaan APE sendiri merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak beserta memenuhi kebutuhan anak.

Anugerah APE, kata dia, dilakukan secara virtual, namun piala dan penghargaannya telah diterima oleh Walikota Pariaman pada Senin 27 September 2021 lalu.

Penghargaan tersebut, sambung dia, juga sebagai bukti dan komitmen Pemko Pariaman yang diakui dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Menteri PPPA, Bintang Puspayoga mengatakan implementasi PUG dalam pembangunan diharapkan memperkecil kesenjangan gender di kalangan masyarakat.

Pengarustamaan gender telah ditetapkan sebagai salah satu dari empat pengarustamaan guna mewujudkan pembangunan yang inovatif dan adaptif agar menjadi katalis pembangunan untuk menuju masyarakat sejahtera dan berkeadilan.

Pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan strategi pengarustamaan gender di kementerian/lembaga dan pemerintah daerah sendiri, kata dia, dilakukan dengan indikator-indikator yang dapat mengukur pengarustamaan gender.

"Dengan melihat aspek kelembagaan dan implementasi dari tujuh prasyarat pengarustamaan gender dan sebagai bentuk apresiasi bagi kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dianggap berhasil mengimplementasikan pengarustamaan gender dalam program dan kegiatannya," kata dia.

Kementerian PPPA, ujar dia, memberikan pengharagaan APE setiap dua tahun sekali - sejak 2006 dengan empat kategori. Yakni kategori pratama, kategori madya, kategori utama dan kategori mentor.

“APE 2020 yang sedianya diberikan di tahun 2020. Karena kendala covid-19 mengalami perubahan jadwal dan dilaksanakan tahun 2021," kata dia.

APE 2020 yang baru diberikan sekarang itu diterima oleh 13 kementerian/lembaga, 29 provinsi dan 556 kabupaten/kota. (Rika/OLP)

×
Berita Terbaru Update