5.267 peserta dari seluruh Indonesia ikuti tes CPNS Pemko Pariaman

Wakil Walikota Mardison Mahyuddin didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan SDM Pemko Pariaman, Irmadawani tinjau pelaksanaan tes CAT CPNS Pemko Pariaman di Kampus UPI Padang. Foto: Junaidi

Pariaman - Tes CAT CPNS untuk 279 formasi Pemko Pariaman diikuti 5.267 pelamar dan telah memasuki hari terakhir pada Selasa 12 Oktober 2021. Tes CAT berlangsung selama 6 hari sejak 7 Oktober lalu di Kampus UPI Padang.

Karena banyaknya peserta, tes dilakukan dalam 3 sesi sehari. Dalam satu hari diikuti 750 peserta dengan 250 orang peserta tiap sesinya.

"Panitia menyediakan 10 labor komputer bagi peserta," ujar Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin saat meninjau pelaksanaan tes CAT CPNS di Padang, Selasa (12/10).

Dari 279 formasi penerimaan CPN Pemko Pariaman, kata Mardison, 87 akan diterima untuk formasi guru, 91 orang formasi untuk kesehatan dan 101 orang formasi teknis.

"Pelaksanaan CAT selama 6 hari berlangsung lancar," kata dia.

Sementara pelaksanaan tes CPNS, sambung Mardison, Pemko Pariaman juga menyiagakan personil dari Dinas Kesehatan untuk melakukan swab antigen bagi pelamar. Setiap peserta yang mengikuti tes diwajibkan melakukan uji swab sebelum mengikuti tes CAT.

"Dengan sistem computer assisted test atau CAT akan terjaring peserta yang benar-benar memiliki kemampuan, kecerdasan. Tidak akan bisa diakali atau dimainkan karena soalnya sudah terkomputerisasi oleh sistem," sebutnya.

Di samping itu, imbuh Mardison, tes CAT CPNS juga diawasi langsung oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) beserta Inspektorat Kota Pariaman.

Terkait tingginya pelamar untuk formasi CPNS Kota Pariaman, kata Mardison karena tes CPNS bersifat terbuka dan boleh diikuti peserta dari seluruh Indonesia sesuai surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri. (Juned/OLP)