Desa Wisata Apar raih Top 5 Pokdarwis terbaik Sumatra Barat

Foto: Erwin

Pariaman - Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Apar, Pariaman Utara meraih penghargaan Top 5 Pokdarwis terbaik se Sumatra Barat 2021.

Pokdarwis Desa Wisata Apar menerima langsung penghargaan dari Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah dalam acara penganugerahan apresiasi kelompok sadar wisata Sumatra Barat 2021 di hotel Grand Zuri Padang, Senin (27/9).

Selain piagam penghargaan Pokdarwis Desa Apar juga menerima uang tunai Rp 6 juta dan pembinaan selama 1 tahun dalam anugerah bertemakan 'kelompok sadar wisata sebagau penggerak pariwisata' di Sumatra Barat ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono mengatakan prestasi Pokdarwis Desa Wisata Apar merupakan angin segar dalam kemajuan sektor pariwisata di Kota Pariaman.

"Hal ini menandakan menggeliatnya kembali sektor pariwisata meskipun di masa pandemi Covid-19 ini," kata dia.

Keberhasilan Pokdarwis Desa Wisata Apar, kata dia, tidak bisa dianggap remeh karena di Provinsi Sumbar tercatat ada 1.044 desa atau nagari yang menjadi saingannya. Selain itu dan yang perlu diingat, sebut Marhen, Desa Wisata Apar memang pantas menjadi pemenang karena desa tersebut mampu menyuguhkan destinasi penuh inovasi.

"Seperti hutan mangrove, konservasi penyu, Sekolah Tinggi Ilmu Beruk (STIB), komunitas surfing dan lainnya," sebut Marhen.

Sementara Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah berharap agar penghargaan yang diterima Pokdarwis Top 5 Sumbar menjadi pemacu semangat sekaligus motivasi bagi Pokdarwis lainnya untuk terus berinovasi dalam memajukan sektor pariwisata di Sumbar.

"Melalui pengembangan desa wisata," kata Mahyeldi.

Ketua Pokdarwis Desa Wisata Apar, Fadel Muhammad menyebut penghargaan dan prestasi yang diraih pihaknya tidak terlepas dari binaan Pemko Pariaman dan dukungan masyarakat setempat.

"Pencapaian ini merupakan pengalaman yang tak terlupakan dan sebagai wujud komitmen atas kepercayaan yang diberikan. Kita akan berjuang lebih keras lagi demi kemajuan sektor pariwisata kota Pariaman dan Sumbar," kata dia. (Erwin/OLP)