Iqhbal juara 1 LIDA, warga Pariaman nobar hingga pelosok desa


Pariaman - Rachmadonal Muhammad Iqhbal akhirnya keluar sebagai jawara dalam kontes Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2021 yang diselenggarakan stasiun televisi Indonsiar, Minggu (22/8). Setelah melalui proses sangat panjang, peserta asal Kota Pariaman, Sumatra Barat ini, mengungguli dua finalis lainnya dengan raihan poling tertinggi 35,22 persen.

Menyusul di posisi kedua Sulis dari NTB dengan perolehan suara 32,97 persen dan Ratna, duta dari Kalimantan di posisi ketiga.

Dengan kemenangannya tersebut, Iqhbal mendapatkan hadiah sebesar Rp 500 juta beserta piala bergilir. Sedangkan Sulis dan Ratna masing-masing menerima Rp 300 juta dan Rp 200 juta. Sebagai juara satu, Iqhbal yang juga seorang dokter ini, juga mendapatkan single kemenangan berjudul 'Lebih dari hidupku' karya Adibal Sharul.

Kemenangan Iqhbal atmosfirnya tidak hanya dirasakan di studio Indosiar. 1.200 km dari lokasi Iqhbal menyanyikan 'Lebih dari hidupku' - sebelum malam grand final dimulai - warga Kota Pariaman menggelar acara nonton bareng. Ada yang digelar di warung-warung, objek wisata, bahkan hingga di pendopo rumah dinas Walikota dan Wakil Walikota Pariaman.

Begitu juga di berbagai platform media sosial. Dalam pantauan pariamantoday.com, mulai dari walikota, wakil walikota, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, hingga bundo kanduang mengajak di linimasanya agar warga Pariaman sato sakaki. Sato sakaki yang dimaksud tentu ikut memberikan dukungan nyata dengan mengirimkan SMS dukungan ke Iqhbal.

Hal serupa juga dilakukan warga Pariaman yang ada di perantauan. Bahkan, saudagar asal Pariaman yang berdomisili di Depok, Herman KR, langsung hadir di Indosiar membawa miniatur Tabuik kiriman Walikota Pariaman, Genius Umar yang berhalangan hadir menonton langsung ke studio Indosiar.

Saat dihubungi secara live virtual oleh pembawa acara, Walikota Pariaman Genius Umar, menanggapi kemenangan Iqhbal. Genius bilang, ia dan mungkin seluruh warga Indonesia lainnya setuju akan kemenangan Iqhbal karena menurutnya selain memiliki suara yang merdu, Iqhbal juga bermental juara.

"Penampilan Iqhbal luar biasa sekali. Sebagai orang Pariaman, Iqhbal bermental juara," kata Genius Umar didampingi istrinya, dr Lucyanel Arlym.

Dengan prestasi tersebut, imbuh Genius, Iqhbal secara tidak langsung telah menjadi duta wisata Sumatra Barat, khususnya duta wisata Kota Pariaman yang telah membawa harum nama kampung halamannya di pentas nasional.

Genius juga menggambarkan antusias warga Pariaman mendukung Iqhbal yang difasilitasi Pemko Pariaman dengan memutar live konser LIDA 2021 lewat videotrone yang ada di Pasar Pariaman.

"Juga di desa-desa, seluruh warga Pariaman menonton dan mendukung Iqhbal dengan tetap menjaga protokol kesehatan," kata dia.

Sejak Iqhbal merangsek ke 6 besar, sambung Genius, dukungan terhadap Iqhbal kian besar dari warga Pariaman. Penampilan Iqhbal juga selalu ditunggu-tunggu warga Pariaman.

"Penampilan Iqhbal yang luar biasa telah menaikkan imun warga Kota Pariaman," pungkasnya.

Bangga sekaligus haru, Iqhbal berucap syukur atas dukungan dan motivasi yang diberikan warga Pariaman. Kepada walikota, ia mendoakan agar selalu diberikan kesehatan, rejeki yang lancar dan selalu dalam lindungan Allah bagi seluruh warga Pariaman di manapun berada.

"Terima kasih Indosiar dan semua pihak yang membatu Iqhbal sejak awal hingga saat ini," pungkasnya. (OLP)