Ada Iqhbal sambut Sandiaga, Genius: Desa Wisata Apar masih punya banyak potensi untuk dikembangkan

Foto kolase: istimewa

Pariaman - Sandiaga Salahuddin Uno untuk kesekian kalinya berkunjung ke Kota Pariaman sejak tiga tahun belakangan. Mulai dari menjadi peserta Pariaman Internasional Triathlon 2019, meninjau kesiapan Pariaman Triathlon 2021 - sekaligus meninjau desa wisata Desa Tungkal Selatan - dan hari ini mengunjungi Desa Apar yang masuk 50 anugerah desa wisata Indonesia, Jumat (27/8).

Kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu kian menarik perhatian warga - karena di saat bersamaan juara pertama LIDA Indosiar, Iqhbal juga hadir mendampingi Walikota Pariaman menyambut calon wakil presiden pada Pilpres 2019 lalu ini.

Selain itu, kunjungan Sandiaga di kawasan hutan mangrove Desa Apar, Pariaman Utara, juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy, Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin - beserta sejumlah pejabat kementerian Parekraf lainnya.

"Mas Sandiaga punya perhatian khusus untuk Kota Pariaman," kata Walikota Pariaman, Genius Umar.

Meski baru menjabat Menparekraf sejak 23 Desember 2020, Sandiaga Uno telah membantu tiga proyek untuk Pariaman. Baik proyek infrastruktur penunjang pariwisata hingga pembangunan SDM.

"Mulai Pentas Seni Pantai Kata, pelatihan SDM Pariaman, dan bantuan sarana prasarana untuk pedagang yang berjualan di area wisata," ungkap Genius yang memang dikenal punya hubungan emosional dekat dengan Sandiaga Uno.

Kepada Sandiaga, Genius menyampaikan potensi Desa Apar sebagai destinasi wisata telah menjadi daya ungkit untuk sektor lainnya, seperti meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Di samping Pokdarwisnya aktif, masih banyak lagi pengembangan potensi wisata di desa itu ke depannya.

Sementara Menteri Sandiaga Uno mengaku Desa Apar merupakan kunjungan pertamanya dalam peninjauan 50 besar anugerah desa wisata Indonesia 2021.

Dari 70.000 desa yang ada di Indonesia, kata Sandiaga, Desa Apar tidak mencengangkan bisa lolos masuk 50 besar desa wisata Indonesia terbaik 2021 jika dilihat dari sisi potensi dan inovasi yang dilakukan desa tersebut.

Bahkan, kata mantan Wagub DKI itu, Kota Pariaman juga demikian. Pariaman memiliki semua kebutuhan bagi orang berkunjung. Baik dari sisi keindahan alam, inovasi destinasi wisata, adat dan budaya, serta kekayaan kulinernya.

"Pantai Pariaman juga sangat sejuk karena dipayungi pohon cemara nan asri. Teduh dan bikin nyaman. Potensi budaya dan kearifan lokal juga telah dimanfaatkan untuk memikat pengunjung seperti menyaksikan elo pukek, atraksi beruk panjat kelapa, tracking mangrove, dan lainnya," kata dia.

Di samping itu, Sandiaga juga menyampaikan dalam 50 anugerah desa wisata, Sumatra Barat penyumbang terbanyak dengan lolosnya empat desa.

Empat desa wisata tersebut yakni Desa Wisata Sungai Batang di Agam, Desa Wisata Kampuang Minang, Sumpu, Kabupaten Tanah Datar, Desa Wisata Seribu Gonjong di Limapuluh Kota dan Desa Wisata Apar di Kota Pariaman.

"Dalam suasana pandemi, pariwisata bangkit guna menggerakkan ekonomi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sektor wisata diharapkan menjadi simbol kebangkitan ekonomi Indonesia," kata dia.

Tidak sampai di situ, Sandiaga juga memotivasi Iqhbal LIDA agar terus mempromosikan pariwisata Sumatra Barat, Pariaman Umumnya dan Desa Apar khususnya.

Pada kesempatan tersebut Iqhbal juga diminta menyanyikan sebuah lagu di hadapan menteri dan undangan lainnya. Menggunakan baju batik dan topi, Iqhbal menyanyikan sebuah lagu yang disambut histeris pengunjung. Iqhbal adalah putra asli Pariaman dari Desa Apar, Pariaman Utara. (Juned/OLP)