Wagub Audy beserta sejumlah kepala daerah tanam pohon Pinago di Pantai Gandoriah

Foto: Fadli

Pariaman - Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy dan sejumlah kepala daerah menanam pohon jenis Pinago di Pantai Gandoriah Pariaman, Rabu (7/7). Pohon Pinago merupakan pohon endemik Pariaman yang tumbuh subur di sepanjang pantai.

Menurut Audy, penanaman pohon di sepanjang garis pantai merupakan salah satu solusi penyelamat pantai dari abrasi dan rusaknya ekosistem di bibir barat pantai Sumatra.

"Pohon salah satu solusi dalam upaya menyelamatkan bibir pantai dari abrasi," kata Audy usai membuka Jambore Kader PKK Berprestasi ke-18 di Pariaman.

Di saat bersamaan, pepohonan di pinggir pantai, ujar dia, juga bisa mengurangai dampak bencana pasang laut dan tsunami, jika terjadi.

"Sumatra Barat memang daerah rawan bencana gempa dan tsunami. Dengan menanam pepohonan di pinggir pantai, secara mitigasi bisa menahan gelombang laut tinggi dan tsunami," kata dia.

Di samping langkah-langkah penyelamatan lingkungan, ia berharap Sumatra Barat terhindar dari berbagai bencana alam, sekaligus meminta kepala daerah di pesisir pantai Sumatra Barat melakukan langkah yang sama, menanam pohon.

"Semoga daerah kita terhindar dari segala bentuk bencana alam. Namun begitu kita terus berikhtiar melakukan upaya mitigasi," pungkasnya. (Phaik/OLP)