Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jamu Walikota Pekanbaru, Genius ungkap 80 persen kunjungan wisata ke Pariaman berasal dari Riau

2 Juli 2021 | 2.7.21 WIB Last Updated 2021-07-02T04:57:02Z

Walikota Pekanbaru terima cinderamata dari Walikota Pariaman. Foto: Junaidi

Pariaman - Walikota Pekanbaru, Firdaus memuji perubahan kota Pariaman di bawah kepemimpinan Walikota Genius Umar. Menurut dia, saat ini Kota Pariaman telah menjelma menjadi salah satu kota tujuan wisata di Indonesia.

"Begitu juga dengan jumlah wisatawan dari Pekanbaru yang terus meningkat berdatangan ke Pariaman tiap akhir pekan," kata Firdaus dalam kunjungan kerjanya ke Pariaman, Kamis (1/7).

Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komisariat Wilayah I ini menilai Pemko Pariaman mampu mengoptimalkan keindahan alamnya yang menjadi nilai tambah dalam industri kepariwisataan. Potensi alam yang beragam, kini disulap menjadi kawasan wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Sebelumnya, kata Firdaus, Pemko Pekanbaru dan Pemko Pariaman telah menjalin kerjasama antar dua daerah sejak 2020 yang berlanjut hingga sekarang. Kerjasama itu bahkan ditinjaklanjuti hingga tingkat OPD.

"Dalam kunjungan ini saya membawa seluruh kepala OPD guna menindaklanjuti hal tersebut agar kerjasama yang telah terjalin lebih ditingkatkan," kata dia.

Ia bahkan memuji lobi Genius ke pemerintah pusat membawa dampak besar bagi pembangunan Pariaman. Banyaknya anggaran pusat ditarik ke daerah, membuat pembangunan berjalan lancar yang sekaligus telah meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Bukan namanya saja yang Genius, lobi dan pergaulannya ke pusat juga Genius," puji dia.

Firdaus juga menyinggung keberadaan jalan tol Pekanbaru-Padang. Jika jalan tol tersebut selesai, juga akan menguntungkan bagi Pariaman karena jarak tempuh Pariaman-Pekanbaru menjadi dua kali lebih cepat dari biasanya.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengakui kunjungan wisatawan dari Pekanbaru terus meningkat. Bahkan setiap minggunya, dari total kunjungan ke berbagai objek wisata, 80 persennya berasal dari Riau, khususnya Pekanbaru.

Genius menilai strategi launching kalender wisata Pariaman 2020 dan 2021 di Pekanbaru benar-benar membawa dampak dengan jumlah kunjungan tersebut.

"Selain kunjungan wisata, kita juga akan pelajari kiat-kiat Pemko Pekanbaru di bidang investasi dan tata kota," pungkasnya. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update